Kacang Merah | Ketauhi Sejuta Manfaatnya untuk Kesehatan

Kacang Merah Ketauhi Sejuta Manfaatnya untuk Kesehatan
Kacang Merah Ketauhi Sejuta Manfaatnya untuk Kesehatan

Kacang Merah Ketauhi Sejuta Manfaatnya untuk Kesehatan – Kacang Merah merupakan salah satu jenis kacang yang sudah mulai banyak di konsumsi masyarakat. Walaupun tidak setenar kacang kedelai dan kacang tanah, kacang merah memiliki kandungan yang manfaatnya tidak kalah dari jenis kacang lainnya. Kacang merah dikenal sebagai kacang yang kaya akan kandungan seratnya. Kandungan gizi pada kacang merah pun lumayan banyak antara lain asam folat, kalsium, protein, karbohidrat dan lainnya. kandungan karbohidrat dan serat pada kacang merah telah dibuktikan oleh para ahli kesehatan dapat menurunkan resiko diabetes. Manfaat kacang merah yang lainnya dapat kita simak pada ulasan dibawah ini.


1.  Kacang Merah Kaya akan Antioksidan

Antioksidan pada kacang merah termasuk yang tertinggi dari jenis tanaman lainnya. Hal tersebut telah dibuktikan oleh Pakar pertanian di Amerika Serikat yang melakukan penelitian tentang makanan yang mengandung antioksidan tertinggi. Kandungan antioksidan yang tinggi pada kacang merah dapat berfungsi sebagai penangkal radikal bebas yang dapat merusak fungsi sel dalam tubuh.


2.  Kacang Merah Mampu Meningkatkan Energi

Kandungan zat besi didalam kacang merah dapat membantu meningkatkan energi pada tubuh. Oleh karena itu kacang merah sangat baik di konsumsi bagi anda yang memiliki rutinitas yang berat. Kebutuhan harian nutrisi tubuh sekitar 30 % ada pada kacang merah. Caranya sangat mudah kita hanya perlu mengkonsumsi 1 mangkuk kecil per harinya.
Kacang Merah Ketauhi Sejuta Manfaatnya untuk Kesehatan
1 porsi mangkuk kacang merah

Bukan hanya itu saja, kandungan zat besi pada kacang merah juga dapat membantu meningkatkan serta melancarkan peredaran oksigen ke seluruh tubuh. Kacang merah juga sangat dianjurkan dio konsumsi oleh ibu hamil. Kandungan zat besi pada kacang merah yang cukup tinggi sanga baik untuk kebutuhan jannin ibu hamil.


3.  Kacang Merah dapat Melancarkan Sistem Pencernaan

Sistem pencernaan yang baik dapat selalu dijaga dengan rutin mengkonsumsi kacang merah. Kacang merah dikenal kaya akan serat yang dibutuhkan sistem pencernaan. Untuk anda yang sedang mengalami gangguan pada sistem pencernaan atau sulit buang air besar mungkin kacang merah dapat menjadi solusi bagi anda.


4.  Kacang Merah dapat Mengatur Kadar Gula dalam Darah

Kandungan serat yang ada didalam kacang merah dapat membantu menurunkan kolesterol dalam darah. Cara kerja serat dalam menurunkan kolesterol dalam darah adalah dengan menekan kolesterol ke sistem pencernaan terlebih dahulu sebelum diserap oleh tubuh. Dengan begitu kadar kolesterol dalam darah akan terkontrol dengan baik. Kacang merah dapat menjadi pilihan yang baik untuk anda yang memiliki penyakit diabetes. Dengan mengkonsumsi kacang merah secara rutin lambat laun kadar gula dalam darah akan netral dan dapat mengobati diabetes secara perlahan.


5.  Kacang Merah Mampu Meningkatkan Memori Otak

Otak manusia merupakan organ vital yang menjadi pusat dari segala kegiatan manusia. Daya ingat yang baik jelas diinginkan semua orang. Hal tersebut dapat diatasi dengan mengkonsumsi kacang merah secara rutin. Kacang merah mengandung Vitamin B dan tiamin yang berfungsi mengoptimalkan reaksi enzim pada otak sehingga otak dapat bekerja dengan baik untuk mengoptimalkan memori. Thiamin di dalam kacang merah dapat mencegah timbulnya penyakit kepikunan atau yang dikenal dengan Alzheimer.


Baca Juga:



Previous
Next Post »

Post Comment