Aneka Jenis Ikan Cupang Terbaik yang Harus Anda Ketahui

Aneka Jenis Ikan Cupang Terbaik yang Harus Anda Ketahui
Aneka Jenis Ikan Cupang Terbaik yang Harus Anda Ketahui

Aneka Jenis Ikan Cupang Terbaik yang Harus Anda Ketahui – Ikan cupang adalah salah satu jenis ikan hias yang sangat di gandrungi para pecinta ikan hias. Tujuan untuk memelihara ikan cupang pun bermacam-macam, ada yang hanya sekedar iseng hingga yang memang hobi untuk dilombakan. Ikan cupang (Betta sp.) memiliki daya tarik pada keberagaman warna dan bentuk ekor serta siripnya yang unik maka dari itu tidak heran jika pecinta ikan hias banyak yang membudidayakan ikan cupang melalui perkawinan silang untuk mendapatkan jenis ikan cupang yang unggulan. Baca cara budidaya ikan cupang untuk hasil terbaik
Saat ini yang banyak orang ketahui tentang jenis ikan cupang hanyalah sebagian kecilnya saja. Sebenarnya jenis ikan cupang sangatlah beragam. Keberagaman tersebut terjadi karena banyak sekali orang yang melakukan silangan untuk ikan cupang sehinga jenis ikan cupang semakin lama jelas semakin banyak. Menurut Fish Identification, jenis ikan cupang yang telah diketahui sebanyak 73 jenis itupun yang terdapat dialam dan bukan dihitung dari temuan-temuan para pemijah ikan cupang.

Aneka Jenis Ikan Cupang

Para pecinta ikan hias menamakan jenis ikan cupang hanya berdasarkan bentuknya, misalnya seperti halfmoon, crown tail, plakat, double tail dan lain sebagainya. Penamaan ikan cupang hasil budidaya biasanya hanya dinamakan berdasarkan pengelompokannya saja. Lebih lengkapnya akan dibahas pada ulasan berikut ini tentang jenis ikan cupang terbaik dan terpopuler.

Halfmoon

Ikan Cupang Halfmoon

 

Halfmoon atau bulan separo atau bulan sepotong adalah sebutan untuk kelompok ikan cupang yang memiliki bentuk sirip ekor  dan sirip yang menyambung seperti membentuk bulan separo. Ikan cupang jenis ini termasuk  jenis ikan cupang yang cukup populer dikalangan pecinta ikan hias. Selain bentuknya yang indah ikan cupang halfmoon juga memiliki berbagai variasi warna yang beragam seperti merah cerah, biru, kuning, dan masih banyak lagi.

Ikan Cupang Crown tail

Aneka Jenis Ikan Cupang Terbaik yang Harus Anda Ketahui
Ikan Cupang Serit atau Crown Tail

 

Ikan cupang crown tail atau ikan cupang serit adalah jenis ikan cupang yang ditemukan pertama kali dari hasil budidaya para pehobi ikan hias asli Indonesia lebih tepatnya di Jakarta. Ikan cupang jenis ini saat ini sudah mendunia karena keunikan bentuknya yang tidak ditemukan pada ikan cupang jenis lainnya. ikan cupang serit memiliki bentuk ekor yang menyerupai mahkota. Ikan cupang serit mulai dikenal dunia melalui kontes ikan cupang dunia atau international betta congress. Sejak saat itu keindahan ikan cupang serit dikenal dan diakui oleh para pehobi mancanegara.

Ikan Cupang Double Tail

Aneka Jenis Ikan Cupang Terbaik yang Harus Anda Ketahui
Ikan Cupang Double Tail

 

Jenis Ikan cupang istimewa selanjutnya adalah jenis double tail atau ekor ganda. Ikan cupang double tail memiliki bentuk ekor yang terbelah dua dan sama besar. Ikan cupang jenis ini termasuk salah satu jenis ikan cupang terbaik yang pernah ada hal tersebut karena keunikan bentuk ekornya. Selain itu bentuk sirip punggung dan sirip bawahnya juga memiliki bentuk dan lebar yang sama maka sangat tidak heran ikan ini  cukup populer.
Namun dibalik ketenaran ikan ini, ternyata jenis double tail sangat sulit dibudidayakan dan tidak sedikit para breeder yang mengalami kegagalan pada proses budidayanya. Karena kesulitannya tersebut maka dari itu ikan cupang double tail jarang diadakan kontes karena hanya sedikit peserta yang memang memiliki ikan cupang jenis ini.

 Ikan Cupang Plakat

Aneka Jenis Ikan Cupang Terbaik yang Harus Anda Ketahui
Ikan Cupang Plakat

 

Plakat adalah ikan cupang yang awal penamannya berasal dari Thailand yang berarti aduan. Cupang plakad memiliki bentuk ekor yang lebih pendek dari jenis ikan cupang hias lainnya. Saat ini jenis ikan cupang plakat juga mulai dikonteskan karena selain garang ikan cupang jenis ini juga memiliki keindahan tersendiri. Dalam kontes ikan cupang internasional, ikan cupang plakat dikategorikan menjadi beberapa kategori seperti plakat biasa, plakat halfmoon dan juga plakat doublen tail.
Pengkategorian tersebut karena ikan cupang plakat dalam perkembangannya sudah di kawin silangkan dengan jenis ikan cupang hias lainnya. Jenis lain dari ikan cupang plakat yang tak kalah unik adalah plakat raksasa. Ikan cupang plakat raksasa dihasilkan dari perkawinan silang antara plakat biasa dan ikan cupang alam yang memiliki ukuran tubuh yang lebih besar. Hasil dari perkawinan silang tersebut membuat para pecinta ikan hias khususnya ikan cupang terheran-heran karena ikan cupang plakat raksasa memiliki ukuran tubuh yang tidak biasa dengan cupang hias pada umumnya.


Baca Juga:

Previous
Next Post »

Post Comment