Mengenal Manfaat Kulit Pisang untuk kesehatan

Mengenal Manfaat Kulit Pisang untuk kesehatan – Mungkin sobat seputarpertanian sudah tahu  tentang manfaat buah pisang. Namun pasti belum banyak yang tahu tentang manfaat kulit pisang. Biasanya sehabis makan pisang kulitnya langsung dibuang kan. Dari pada di buang lebih baik sobat baca artikel ini karena kulit pisang mengandung banyak manfaat untuk kesehatan dan juga kecantikan.
Sebenarnya sudah sejak lama orang tahu tentang kandungan serta manfaat kulit pisang hanya saja mungkin belum terekspos manfaat tersebut. Kulit pisang kaya akan serat vitamin dan sebagainya yang sangat baik untuk tubuh. Manfaat kulit pisang diyakini tidak terdapat pada kulit-kulit buah lainnya hal itu membuat buah pisang semakin unik saja. Inilah manfaat kulit pisang yang belum pernah anda ketahui sebelumnya.
Baca juga: Manfaat Pisang Ambon untuk Kesehatan

Mengenal Manfaat Kulit Pisang untuk kesehatan

Mengobati Luka
Kulit pisang dapat digunakan untuk mengobati luka pada kulit akibat berbagai hal seperti terjatuh dan sebagainya. Zat yang terkandung di dalam kulit pisang sangat baik untuk mempercepat pemulihan luka pada kulit. Caranya sangat mudah sekali, anda hanya harus menggosokan kulit pisang pada daerah yang luka. Usahakan menggosoknya ketika luka masih dalam keadaan baru.

Mengobati gatal dan iritasi
Masalah pada kulit seperti gatal-gatal dan iritasi dapat diobati dengan  menggunakan kulit pisang. Gatal-gatal akibat gigitan serangga dan sebagainya bisa sembuh hanya dengan mengoleskan kulit pisang ke luka tersebut. Oleskan kulit pisang pada daerah yang terkena gatal-gatal dan iritasi selama berulang kali. Lihat hasilnya gatal-gatal dan iritasi akan cepat sembuh.

Memutihkan gigi
Untuk anda yang memiliki masalah pada gigi seperti gigi yang kuning dapat diatasi dengan menggunakan kulit pisang. Kulit pisang mengandung zat yang dapat memutihkan gigi. Caranya hanya dengan menggosokan kulit pisang setiap anda mandi dengan gerakan memutar pada gigi. Lakukan hal tersebut secara rutin maka dalam sebulan perubahan sudah dapat anda lihat.

Menghilangkan jerawat
Jerawat adalah masalah yang hampir semua orang merasakannya terutama pada remaja. Aktifitas di luar rumah yang ekstra merupakan salah satu penyebab timbulnya jerawat karena debu dan bakteri yang menempel pada kulit. Maka dari itu sangat disarankan agar menyuci wajah sehabis keluar rumah. Namun untuk anda yang sudah terlanjur terkena jerawat jangan khawatir. Kulit pisang dapat menjadi solusinya. Caranya mudah, usap kulit pisang pada daerah yang terdapat jerawat. Lakukan secara rutin maka anda akan merasakan perubahannya.

Mengatasi sakit kepala
Mungkin belum banyak yang tahu tentang manfaat kulit pisang yang satu ini. Kulit pisang dapat anda manfaatkan untuk mengobati sakit kepala berlebih. Caranya tumbuk kulit pisang hingga halus lalu usapkan pada kening. Biarkan selama beberapa menit hingga bubur kulit pisang mengering. Setelah itu bersihkan dengan menggunakan air.
Baca Juga: Mengenal Manfaat Daun Sirsak


Mengobati Psoriasis
Psoriasis merupakan penyakit kulit yang ditandai dengan timbulnya sisik berwarna merah mengkilap. Psoriasis menimbulkan rasa gatal yang luar biasa sehingga penderitanya tidak tahan untuk menggaruknya dan pada akhirnya psoriasis akan menyebar. Untuk mengatasinya anda dapat menggunakan kulit pisang. Caranya adalah dengan menumbuk kulit pisang hingga menjadi bubur lalu usapkan pada kulit. Lakukan secara rutin hingga penyakit tersebut dapat hilang.

Itulah beberapa manfaat kulit pisang yang belum pernah anda ketahui sebelumnya. Semoga artikel ini bermanfaat. Terimakasih telah membaca!!!
Previous
Next Post »

Post Comment