Teknik Budidaya Kacang Merah yang Benar


Teknik Budidaya Kacang Merah yang Benar
Teknik Budidaya Kacang Merah yang Benar

Teknik Budidaya Kacang Merah yang Benar – Kacang Merah, pasti sobat pertanian sudah tahu apa itu kacang merah bukan? Untuk yang belum tahu apa itu kacang merah, tenang saja admin akan jelaskan secara singkat apa itu kacang merah. Kacang merah adalah termasuk dalam kacang-kacangan lainnya sama dengan kacang kedelai, kacang merah dapat tumbuh subur di daerah dengan suhu yang dingin tapi tidak menutup kemungkinan kacang merah dapat tumbuh di dataran rendah dengan suhu yang relatif lebih tinggi dari dataran tinggi asalkan kacang merah mendapat perlakuan yang sesuai dengan yang diharapkannya.

Ada beberapa syarat tanam yang harus diperhatikan dalam budidaya kacang merah, antara lain:

  1. Iklim yang paling baik untuk membudidayakan kacang merah adalah iklim basah. Ketinggian antara 1300-2300 meter dpl.
  2. Kacang merah dapat tumbuh dengan subur pada kondisi suhu dan udara yang tepat pula. Suhu yang paling baik untuk budidaya kacang merah adalah berkisar antara 19-24 derajat celcius. Apabila suhu terlalu tinggi maka polong kacang merah tidak akan berisi atau kopong/hampa.
  3. Tanah yang paling tepat untuk membudidayakan kacang merah adalah jenis tanah androsol. Tanah jenis androsol berwarna kehitaman hal tersebut menunjukan bahwa tanah tersebut memiliki kandungan bahan organik yang tinggi. pH tanah ideal untuk budidaya kacang merah berkisar antara 5,5 – 6.
  4. Budidaya kacang merah alangkah baiknya apabila dilakukan pada akhir musim kemarau. Kacang merah mengharapkan curah hujan berkisar antara 1500 – 2500 mm/tahun.



Teknik Budidaya Kacang Merah


Pengolahan Lahan Tanam

Sebulam memulai budidaya tentunya hal yang harus dilakukan adalah pengolahan lahan. Lahan yang akan ditanami kacang merah sebaiknya di bajak terlebih dahulu dengan cangkul agar didapatkan tekstur tanah yang lebih gembur . Selanjutnya buatlah bedengan dengan lebar 100 cm dengan tinggi 30 cm dan jarak antar bedengan 40 cm. Antara bedengan dibuat parit dengan lebar 25 cm agar sistem drainase ketika hujan tiba tidak akan meninggalkan genangan pada lahan pertanaman. Selanjutnya dilakukan pemasangan mulsa pada lahan. Setelah ditanam mulsa dibolongi agar mempermudah proses pertanaman.



Penanaman


Tanaman kacang merah sebaiknya ditanam menjelang musim hujan ketika bulan November hingga Desember, mengingat tanaman kacang merah membutuhkan curah hujan yang tinggi. Selanjutnya buatlah lubang tanam dengan tugal dengan kedalaman 3-5 cm dengan jarak tanam sekitar 40 cm. lalu setiap lubang tanam di isi dengan 2 benih dan tutup kembali dengan tanah tipis. Sebelum menanam pastikan benih yang akan ditanam memiliki kualitas yang unggul dan telah di rekomendasikan oelh berbagai lembaga seperti dinas pertanian dan sebagainya.



Perawatan Tanaman

Penyulaman

Penyulaman dapat dilakukan ketika tanaman telah berumur 14 hari. Ketika tanaman berumur 14 hari benih sudah mulai tumbuh tunas. Periksa seluruh tanaman yang ada dilahan apabila didapatkan tanaman yang tumbuh tidak normal atau bahkan tidak tumbuh segera diganti dengan benih yang baru. Proses  penyulaman harus dilakukan benar-benar teliti agar mendapatkan hasil panen yang maksimal nantinya.

Pemupukan

Proses pemupukan susulan dilakukan setelah tanaman berumur 21 hari. Pemupukan dilakukan dengan menerapkan pupuk kandang pada lahan agar didapat hasil yang sehat dan berkesinambungan dengan pertanian berkelanjutan karena menggunakan pupuk organik.



Pemanenan

Pemanenan kacang merah dapat dilakukan ketika tanaman telah berumur 2 bulan lebih. Tanda-tanda yang menandakan bahwa tanaman kacang merah siap untuk dipanen antara lain polong kacang merah telah berwarna kusam, kulit polong terlihat lebih kasar, polong kacang merah belum terlalu menonjol. Apabila tanaman kacang merah telah menunjukan tanda-tanda tersebut berarti kacang merah siap untuk dipanen. Cara pemanenan kacang merah juga tidak sembarangan. Kacang merah hanya bisa dipanen dengan menggunakan tangan kosong. Hindari pemanenan kacang merah dengan menggunakan alat potong karena apabila polong terbuka akibat penggunaan alat potong yang terjadi adalah bakteri dari luar akan merusak biji kacang merah dan jelas kualitas kacang merah menurun. Proses pemanenan dapat dilakukan setiap 3 hari sekali sampai umur tanaman kacang merah 3 bulan.


Baca Juga:


Previous
Next Post »

Post Comment