Tips Membuat Pakan Ternak Alternatif untuk Kambing Mudah

Tips Membuat Pakan Ternak Alternatif untuk Kambing Mudah - Usaha ternak merupakan usaha yang banyak digeluti oleh masyarakat pedesaan itupun kebanyakan hanya dijadikan usaha sampingan dimana pekerjaan utama masyarakat pedesaan mayoritas adalah petani. Hewan-hewan yang diternakan kebanyakan adalah unggas, sapi dan juga kambing. 

Tips Membuat Pakan Ternak Alternatif untuk Kambing Mudah

Pada dasarnya semua usaha ternak hanyalah menjaga hewan ternak dari kecil hingga layak untuk dijual. Namun hal tersebut tidak semudah yang dibayangkan karena dalam proses merawat hewan ternak pasti memiliki banyak kendala dan resiko terburuknya adalah kematian hewan ternak. 

Kambing merupakan hewan ternak yang banyak dimiliki oleh petani di pedesaan. Alasannya tidak lain karena kambing merupakan hewan ternak yang paling mudah diurus karena perawatannya yang mudah. Kunci dalam merawat kambing agar tetap sehat dan cepat besar salah satunya terletak pada pemberian pakan. Pakan kambing pada umumnya berupa rumput segar. Namun kendalanya saat musim kemarau keberadaan rumput sangat jarang karena rumput banyak yang mengering, sekalipun ada pasti tidak semua hewan-hewan para petani kebagian rumput. Nah maka dari itu pada perjumpaan kali ini SeputarPertanian akan memberikan Tips Membuat Pakan Ternak Alternatif untuk Kambing yang mudah dipraktekan. Mari kita simak ulasan dibawah ini.

Tips Membuat Pakan Ternak Kambing Alternatif

Sebetulnya membuat pakan alternatif ternak kambing tidaklah sulit dan bahan-bahan bakunya mudah didapatkan. Adapun bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain:
1.   Jerami (jika tidak ada bisa diganti dengan pelepah pisang)
2.   Bekatul
3.   Buah Nanas
4.   Ampas Tahu
5.   Gula Pasir
6.   Garam
7.   Air

Cara Membuat Pakan Ternak Alternatif untuk Kambing

  • Pertama-tama potong kecil-kecil bahan baku utama berupa jerami ataupun pelepah pisang.
  • Untuk melakukan fermentasi jerami menggunakan metode fermentasi kering dengan cara mencampur jerami dengan air beserta ampas tahu serta bekatul yang dimasukan pada wadah besar bisa berupa drum.
  • Sedangkan untuk fermentasi pelepah pisang menggunakan metode fermentasi basah yaitu dengan cara mencapur pelepah nanas yang telah dicacah dengan parutan buah nanas beserta gula pasir lalu diaduk rata.
  • Langkah selanjutnya yaitu mengaduk semua bahan tersebut hingga rata. Setelah diperkirakan semua bahan sudah rata teraduk lalu diamkan selama 15-30 menit. Setelah itu campurkan bahan-bahan tersebut dengan 7-10 liter air dan juga garam secukupnya untuk mempercepat proses fermentasi.
  • Selanjutnya tutup semua campuran bahan tersebut dan tutup rapat-rapat di dalam drum menggunakan plastik dan pastikan bahwa drum telah tertutup rapat.
  • Langkah terakhir anda tinggal menunggu pakan ternak jadi. Untuk pakan ternak fermentasi kering dengan bahan baku jerami sudah dapat digunakan setelah 1-2 hari fermentasi sedangkan untuk fermentasi basah dengan bahan baku berupa pelepah pisang selama 1 hari.

Manfaat Pakan Ternak Alternatif untuk Kambing Mudah
Pakan ternak kambing alternatif ternyata bukan hanya mudah dibuat tetapi juga menyimpan banyak manfaat didalamnya untuk hewan ternak anda. Adapun manfaatnya antara lain:
1.   Meningkatkan produksi susu pada kambing etawa
2.   Memperbaiki sistem pencernaan kambing
3.   Cepat meningkatkan bobot ternak kambing anda
4.   Dapat membuat daging kambing anda rendah dengan kolesterol dengan kualitas daging yang               padat
5.   Kambing lebih tahan terhadap serangan penyakit
6.   Urin kambing dapat dimanfaatkan langsung menjadi pupuk organik maupun biogas.

Bagaimana? Apakah anda tertarik untuk membuat pakan alternatif kambing anda. Ternyata selain mudah dibuat pakan fermentasi alternatif ini juga mengandung banyak manfaat untuk hewan ternak anda. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba!!!
Previous
Next Post »

Post Comment