Mengenal Bunga Kenanga dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Bunga kenanga atau dalam bahasa latinnya disebut Canangium odoratum merupakan tanaman yang memiliki bunga dengan aroma yang khas. Selain enak dilihat, bunga juga dapat dimanfaatkan sebagai jamu untuk mengobati berbagai penyakit. Pada dasarnya bunga kenanga sudah digunakan sebagai obat herbal sejak jaman dahulu oleh nenek moyang kita. Maka dari itu tidak ada salahnya kita mengenal bunga kenanga dan manfaatnya untuk kesehatan.

Mengenal Bunga Kenanga dan Manfaatnya untuk Kesehatan
Bunga Kenaanga
beberapa  manfaat bunga kenanga untuk kesehatan antara lain:

1.   Mengobati penyakit bronkitis
Di dalam bunga kenanga terdapat zat yang mampu meredakan penyakit bronkitis. penyakit bronkitis sendiri sering ditandai dengan batuk-batuk. Untuk mengobati bronkitis menggunakan bunga kenanga caranya sangat mudah yaitu dengan merebus 2 kuntum bunga kenanga yang masih segar lalu rebus dengan dicampur dengan 2 gelas air. Tunggu hingga mendidih dan air rebusan tersisa satu gelas. Lalu minum air tersebut 2 kali sehari secara rutin hingga terasa perubahannya.

2.   Mengobati malaria
Bunga kenanga sudah banyak yang dijual dipasaran dengan berbagai merk dalam bentuk yang sudah dikeringkan. Nah untuk mengobati malaria caranya cukup mudah, jika anda tidak mau repot untuk mengeringkan bunga kenanga, anda dapat membeli bunga kenanga kering yang ada dipasaran. Lalu setelah itu anda hanya harus merebus bunga kenanga kering dengan 1 gelas air panas. Tunggu hingga dingin lalu tiriskan ampasnya dan minum setiap hari secara rutin.

3.   Mengobati sesak napas
Apabila anda menderita asma atau sesak napas karena berbagai hal,  anda dapat memanfaatkan bunga kenanga sebagai salah satu obat herbal yang dapat anda manfaatkan untuk mengobati penyakit sesak napas anda. Caranya dengan merebus setengah genggam bunga kenanga lalu campur dengan setengah sendok gula pasir lalu  rebus dengan 2 gelas air dan tunggu hingga air tersebut tinggal 1 gelas saja. Minum rebusan tersebut setiap 2 kali sehari.

4.  Menjadi jamu pasca melahirkan
Jamu merupakan salah satu alternatif pengobatan untuk ibu yang telah melahirkan. Nenek moyang kita dahulu telah menggunakan jamu sebagai obat pasca melahirkan. Apabila anda tertarik untuk membuat jamu bunga kenanga untuk obat pasca melahirkan anda caranya cukup mudah. Siapkan beberapa bahan seperti bunga kenanga yang masih muda, kunyit, kayu rapet, pegatsih, kunci pepet, jalawe, jongharab dan jakeling. lalu tumbuk semua bahan tersebut kemudian seduh dengan air hangat. Setelah itu tiriskan ampasnya dan airnya diminum.

mengenal bunga kenanga dan manfaatnya untuk kesehatan sangat penting memang untuk kita ketahui sebagai tambahan wawasan untuk kita. Semoga arikel ini bermanfaat untuk anda.

Previous
Next Post »

Post Comment