46 Tanaman Langka yang Ada di Indonesia

46 Tanaman Langka yang Ada di Indonesia - Indonesia sejatinya merupakan negara dengan iklim tropis yang dihuni berbagai jenis flora dan fauna di dalamnya. Flora dan fauna yang hidup di hutan di Indonesia terbilang sangat banyak sekali mengingat luas hutan di Indonesia merupakan 1/3 bagian dari hutan yang ada di dunia. Baca Juga: Jenis tanaman hias daun terpopuler sepanjang masa

Hal yang sangat disayangkan saat ini adalah tentang keberadaan flora dan fauna tersebut yang mulai terancam karena dampak dari globalisasi. Pergeseran musim saat ini membuat beberapa jenis tanaman menjadi langka karena tidak bisa menyesuaikan diri dengan kondisi lingkungan yang sulit di prediksi.  nah untuk maka dari itu seputarpertanian akan mengajak  kalian semua untuk mengenal tanaman langka yang ada di Indonesia. Mari kita simak ulassa berikut ini.

1.   Sarang Semut
46 Tanaman Langka yang Ada di Indonesia

Sarang semut atau Myrmecodia pendans merupakan tanaman yang menjadi tempat favorit sebagai sarang tinggal semut. Tanaman langka ini merupakan jenis tanaman epifit yang tumbuh dengan menempel di batang pohon. Sarang semut akan sangat mudah dijumpai pada daerah dataran tinggi. Sayangnya tanaman ini  saat ini sudah mulai terancam keberadaannya karena konsisi lingkungan yang mengkhawatirkan.

2.   Kantong Semar
46 Tanaman Langka yang Ada di Indonesia

Bukan hanya hewan saja yang memiliki sifat karnivora. Tumbuhan juga ada yang memiliki  sifat karnivora dan salah satunya adalah kantung semar. Kantung semar merupakan jenis tanaman langka yang memakan serangga dan hewan-hewan kecil yang masuk kekantungnya. Tanaman langka yang satu ini sulit ditemui karena hanya berada pada hutan-hutan yang masih belum terjamah.

3.   Bunga Bangkai
46 Tanaman Langka yang Ada di Indonesia

Sesuai dengan namanya, bunga bangkai memang memiliki aroma yang tak sedap. Tanaman langka yang satu ini banyak ditemui di hutan-hutan sumatera. Bunga bangkai atau Amorphophallus titanum saat ini menjadi sangat langka karena dampak dari global warming. Namun saat ini keberadaannya terus di pantau oleh pihak pemerintah agar tanaman langka ini terus terjaga keberadaannya.

4.   Rafflesia Arnoldii
46 Tanaman Langka yang Ada di Indonesia

Berbeda dengan bunga bangkai, jika bunga bangkai bunganya tumbuh besar keatas sedangkan rafflesia arnoldii bunganya tumbuh melebar hingga mencapai diameter 1 meter. Ada yang unik dari rafflesia arnoldii, bunga tanaman langka ini akan mekar dalam waktu tujuh hari saja setelah itu akan mati dan layu.

5.   Anggrek Tebu
46 Tanaman Langka yang Ada di Indonesia

Anggrek tebu adalah salah satu jenis bunga anggrek yang di Indonesia. Berbeda dengan anggrek bulan yang sangat banyak di budidayakan. Anggrek tebu saat ini sudah mulai terancam keberadaannya di alam bebas karena berbagai hal. Anggrek tebu disebut juga anggrek raksasa karena ukuran tanaman ini sangat besar dan dapat mencapai berat 3 ton. 


itulah beberapa jenis tanaman langka yang ada di Indonesia. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda tentang jenis flora yang keberadaannya sudah mulai terancam dan kita wajib melestarikannya.


Previous
Next Post »

Post Comment