281 Peluang Usaha Hewan Ternak Menjanjikan

281 Peluang Usaha Hewan Ternak Menjanjikan -  Bisnis di bidang peternakan memang memiliki resiko yang besar yang disebabkan berbagai hal. Hewan ternak sangat erat dengan penyakit dan juga perawatan, dari segi pakan, kandang serta obat-obatan pemilik harus jeli memperhatikan semuanya jika tidak ingin usahanya cepat bangkrut.

Namun meskipun usaha di bidang peternakan memiliki banyak resiko namun peminatnya tidak menurun bahkan semakin lama semakin bertambah karena pasar yang sudah tersedia. Nah jika anda ingin memilih usaha hewan ternak sebagai usaha anda, mungkin seputarpertanian akan memberikan apa saja peluang usaha hewan ternak menjanjikan yang mungkin dapat anda jadikan pilihan usaha anda.

1.   Ternak Sapi

Harga sapi yang cenderung tinggi membuat banyak orang melirik untuk beternak sapi. Ada berbagai jenis sapi berkualitas hasil perkawinan silang yang sangat menjanjikan jika di ternakan misalnya saja sapi bali, sapi madura, sapi ongole dan  jenis sapi impor lainnya. Selain sapi potong, jenis sapi penghasil susu juga saat ini sudah banyak yang memiliki produktifitas susu yang cukup tinggi. Nah jika anda tertarik untuk beternak sapi, anda juga harus mempersiapkan lahan yang cukup luas dan tentunya modal yang cukup besar pula. Baca Juga: Jenis-jenis sapi ternak terbaik

2.   Ternak Kambing
Jika anda kurang berminat dengan beternak sapi, mungkin ternak kambing dapat menjadi solusi. Kambing merupakan jenis hewan yang perawatannya tidak begitu sulit jika dibandingkan dengan sapi. Meskipun harga daging kambing tidak semahal daging sapi namun peminat daging kambing cenderung stabil. Kambing juga dapat diperah susunya layaknya sapi namun secara mengejutkan penelitian membuktikan bahwa susu kambing merupakan susu terbaik kedua setelah ASI melampui susu sapi. Hal tersebut jelas menjadi peluang besar untuk beternak kambing perah mengingat susu kambing etawa cukup tinggi harganya.

3.   Ternak Ayam 

Peluang usaha ternak selanjutnya adalah beternak ayam. Ayam merupakan unggas yang paling banyak dikonsumsi masyarakat maka dari itu peluang usaha yang satu ini merupakan hewan ternak yang tidak akan kehilangan pasar sampai kapan pun. Selain ayam pedaging, ayam petelur juga menjadi peluang yang sangat menarik untuk diusahakan. Disisi harga juga baik daging maupun telur ayam cenderung stabil dan jarang menurun.

4.   Ternak Bebek

Bebek merupakan jenis hewan yang sangat mudah untuk diternakan karena bebek merupakan jenis unggas yang jarang rewel dan tahan terhadap berbagai penyakit. Selain itu bebek juga banyak dikonsumsi masyarakat. Saat ini banyak restoran dan rumah makan yang menyajikan bebek sebagai sajian andalan karena daging bebek yang terbilang lezat. Hal ini menjadi peluang yang sangat bagus jika anda ingin beternak bebek.

5.   Ternak Puyuh
Burung puyuh memang tidak sepopuler ayam dan bebek dalam hal dagingnya. Namun telur puyuh bisa dijadikan peluang usaha hewan ternak yang sangat baik jika dijalankan dengan serius dan jeli melihat peluang. Telur puyuh banyak dijadikan sebagai menu andalan di banyak rumah makan. Maka dari itu tidak heran jika telur puyuh cukup tinggi meski tidak setinggi telur ayam dan bebek.


Itulah beberapa peluang usaha hewan ternak yang mungkin dapat anda jadikan pilihan usaha anda. semoga artikel ini bermanfaat dan terimakasih telah membaca!!!
Previous
Next Post »

Post Comment