21 Tips Budidaya Ikan Louhan | Peluang Bisnis

Siapa yang tak mengenal ikan louhan? teman-teman pasti tahu tentang ikan fenomenal yang satu ini kaaaan! Nah untuk yang masih belum paham apasih ikan louhan itu, kali ini seputarpertanian akan berbagi ilmu tentang budidaya ikan louhan yang sudah pastinya sangat menguntungkan.

Ikan louhan saat ini memang sudah tak setenar dulu pada tahun 2000an. Saat itu harga ikan yang memiliki ciri khas pada kepalanya yang benjol ini memiliki harga yang sangat fantastis bahkan ada yang sampai puluhan juta rupiah satu ekornya.

usut punya usut ternyata pertama kali budidaya ikan louhan dilakukan di negeri jiran Malaysia pada tahun 1993. Pada saat itu kepopuleran ikan ini sudah mulai dikenal oleh orang-orang malaysia. Ikan louhan juga dianggap sebagai pembawa keberuntungan bagi orang Malaysia. Tapi tahukah anda siapa nenek moyang ikan louhan? dahulu yang pertama kali dibudidayakan di Malaysia bukanlah ikan louhan melainkan perkawinan silanglah yang melahiran ikan louhan yang kita lihat saat ini. Ikan louhan berasal dari jenis ikan merah cichlid dan hibrida parrot cichlid.

Nah daripada kelamaan, untuk anda yang sudah tidak  sabar ingin membudidayakan ikan louhan mari kita simak tips-tips sukses budidaya ikan louhan dibawah ini:

Jenis - jenis Ikan Louhan
1.   Chinwa
2.   Cencu
3.   Fly Marking
4.   Golden Best
5.   Classic
6.   Free Head
Baca Juga: Jenis-jenis ikan louhan terbaik dan termahal

Berikut adalah beberapa ciri-ciri ikan louhan yang memiliki kualitas baik:
1.   Jika dilihat dengan teliti maka antara sirip bagian atas dan bawah sama besar (seimbang).
2.   Terdapat bintik-bintik kecil cerah menyerupai mutiara diseluruh bagian tubuhnya.
3.   Terdapat totol hitam tegas pada beberapa bagian tubuhnya.
4.   Lingkaran berwarna abu-abu cerah melingkari totol hitam.
5.   Warna dasar tubuh ikan terlihat cerah dan tidak pucat.
6.   Benjolan atau nonong di kepala ikan louhan terlihat simetris atau proporsional atau tidak besar           pada beberapa bagian.
7.   Mata ikan louhan yang sehat memiliki warna merah yang melingkar.

21 Tips Budidaya Ikan Louhan | Peluang Bisnis
Tips Budidaya Ikan Louhan

Tips Budidaya Ikan Hias Louhan 

1.   Pemijahan 

Terdapat beberapa peralatan yang diperlukan dalam pemijahan ikan louhan antara lain adalah:
a.   akuarium besar / bak penampungan / kolam
b.   filter
c.   aerator
d.   alat penampungan air
e.   batu-batuan
f.   lampu uv

Selanjutnya setelah anda mempersiapkan alat-alat diatas maka kita dapat memulai proses pemijahan. Pertama-tama siapkan ikan louhan jantan dan  betina yang sudah siap untuk dipijahkan. Ikan louhan termasuk jenis ikan yang mempertahankan wilayah teritorialnya maka dari itu proses penggabungan antara ikan louhan jantan dan betina tidak bisa langsung digabungkan begitu saja.

Selanjutnya masukan ikan louhan jantan dan betina pada satu akuarium yang sama namun dipisah dengan kaca penyekat. Pada hari pertama ikan louhan memang terlihat gelisah karena sifatnya yang menganggap itu wilayah kekuasaannya. Namun jangan khawatir setelah beberapa hari ikan louhan akan mulai terbiasa.

Proses penggabungan ikan louhan dilakukan ketika ikan louhan betina telah memperlihatkan tanda-tanda bertelur. Perhatikan ketika kaca penyekat dipisah apakah ikan louhan masih berkelahi atau tidak, jika ikan louhan berkelahi pasang kembali kaca penyekat dan tunggu hingga beberapa hari lagi. Namun apabila masih tidak mau digabungkan anda dapat mengganti indukan ikan louhan.

Setelah proses penggabungan ikan berhasil, dalam waktu 1 malam setelah pemijahan amati tingkah laku ikan louhan. Jika kedua ikan louhan tampak akur dan menjaga telurnya maka biarkan saja. Namun jika ikan louhan berkelahi dan berusaha memakan telurnya maka pisahkan indukan serta telurnya pada tempat yang berbeda.

2.   Pemeliharaan 

Tips memelihara anakan ikan louhan sebenarnya cukup sederhana dan tidak memiliki kekhususan seperti ikan-ikan mahal lainnya. Kunci utama dalam memelihara ikan louhan adalah dengan menjaga kualitas air dan juga konsumsi makanan.

3.   Pemberian Pakan

Pakan alami dapat berupa jentik nyamuk (cuk), kutu air, udang, ulat jerman, dan cacing. Karena pakan alami kurang higienis, sebagian dicuci atau dibersihkan dari kuman dan bakteri sebelum diberikan kepada louhan. Pakan alami dapat membuat warna ikan louhan semakin cemerlang.

Sedangkan pakan buatan dapat berupa pelet yang mengandung hormon ata pelet yang mengandung spirulina. pelet yang demikian dapat memicu pertumbuhan warna louhan, sehingga louhan menjadi lebih cemerlang dan indah.

Itulah beberapa tips budidaya ikan louhan yang dapat anda jadikan peluang usaha. Meskipun saat ini harga  ikan louhan tidak setinggi dulu namun permintaan ikan louhan saat ini datang dari dalam dan luar negeri.


Previous
Next Post »

Post Comment