Kebakaran Hutan Kalimantan yang Menyengsarakan

Bencana Kebakaran Hutan Kalimantan - Kalimantan, begitu orang mengenalnya. Sebuah pulau terbesar ketiga di dunia yang didalamnya terdapat hutan tropis dengan berbagai flora dan fauna endemik khasnya. Namun saat ini semua itu telah berubah drastis karena banyaknya kerusakan hutan karena berbagai hal. Illegal logging, kebakaran hutan dan eksploitasi alam lainnya merupakan sebab dari kehancuran pulau kebanggan negeri ini.

Tidak hanya sampai disitu, hasil bumi seperti minyak dan gas bumi  telah habis disedot orang-orang yang hanya memikirkan kepentingan pribadi. Berbagai kayu hutan tropis yang begitu terkenal pun sudah hampir tidak tersisa lagi karena maraknya illegal loging dan kebakaran hutan yang baru saja terjadi.
Kebakaran Hutan Kalimantan yang Menyengsarakan
Hutan kalimantan
Menurut data internasional pulau Kalimantan tadinya merupakan sumber keragaman hayati dunia. Dahulu di dalamnya terdapat sekitar 222 spesies mamalia, 420 spesies burung, 136 spesies ular, 394 spesies ikan air tawar, dan lebih dari 3000 spesies pepohonan. Hal tersebut sudah sangat membuktikan bahwa kekayaan hutan Kalimantan merupakan salah satu yang terkaya di dunia.

Bukan hanya hutan tropisnya saja. Hutan mangrove dan hutan kerangas dengan berbagai endemik di dalamnya merupakan kekayaan bumi Kalimantan. Kekayaan terumbu karangnya pun tidak kalah, diperkirakan terdapat ratusan spesies ikan karang serta keindahan pantai yang menakjubkan. Di dalamnya terdapat beberapa spesies penyu. Namun, saat ini semuanya telah berubah, banyak flora dan fauna yang belum teridentifikasi keadaannya  di alam. 
Baca Juga: Sebab dan Akibat kebakaran Hutan di Dunia 

 

Kebakaran Hutan Kalimantan

Kebakaran hutan di Indonesia  yang baru-baru ini terjadi serentak melibatkan dua pulau sekaligus yaitu pulau Sumatera dan Kalimantan. Bencana kebakaran tersebut membuat banyak pihak dirugikan. Bagaimana tidak, di hutan Kalimantan terdapat lahan perkebunan milik masyarakat serta perusahaan yang ikut terbakar. 

Kebakaran tersebut di yakini telah menjadi bencana Internasional karena dampaknya yang melibatkan beberapa Negara tetangga. Kabut asap yang sangat pekat saat ini mulai memasuki berbagai kawasan Negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura. Hal tersebut jelas membuat beberapa Negara yang terkena dampak kabut asap tersebut merasa terganggu.

Kebakaran tersebut harus segera dicarikan jalan keluar agar tidak terus berkelanjutan. Pemerintah dan masyarakat serta berbagai pihak harus bersinergi demi mengatasi permasalahan  ini. Kabut  asap yang terjadi di Kalimantan telah membuat masyarakat sekitarnya mengalami berbagai gangguan kesehatan yang tidak bisa dibiarkan terus menerus  terjadi karena dapat menelan korban jiwa.

Sedikitnya ada 5 gangguan kesehatan yang diakibatkan oleh kabut asap tersebut antara lain:
  1. Gangguan pernapasan, kabut asap yang terus menerus dihisap akan mengakibatkan orang yang menghisapnya akan terkena ISPA atau infeksi saluran pernapasan atas.
  2. Gangguan pada mata, mata yang terus terkena kabut asap dalam waktu yang lama akan mengalami iritasi yang parah. 
  3. Berbagai penyakit kronis yang menjadi lebih parah
  4. Gangguan saluran pencernaan, makanan yang di konsumsi sehari-hari yang tercemar oleh asap akan membuat orang yang memakannya mengalami gangguan pada sistem pencernaannya.
  5. gangguan kulit, kulit yang dalam waktu lama terus terkena kabut asap jelas membuatnya mengalami gangguan seperti gatal-gatal dan sebagainya. Maka dari itu  sangat disarankan untuk menggunakan lotion serta pakaian  yang menutupi kulit agar asap tidak langsung melakukan kontak dengan kulit.

Cukup banyak dampak negatif yang di dapat dari bencana kabut asap ini. Lebih parahnya lagi di beberapa daerah yang memiliki tingkat kepekatan asap tinggi harus meliburkan segala aktifitas pemerintahan dan  sekolah. Maka dari itu hal ini sangat disesalkan  karena berdampak pada pendidikan. Bagaimana Indonesia akan maju apabila sekolah sering diliburkan.


Pemerintah harus bertindak cepat untuk mengatasi masalah ini jika tidak ingin banyak orang yang menjadi korban. Tidak sampai disitu saja, pemerintah juga harus menindak tegas orang-orang yang tidak bertanggung jawab atas terjadinya kebakaran hutan Kalimantan ini. Hal tersebut harus dilakukan dengan sebaik-baiknya apabila tidak ingin terjadi kebakaran-kebakaran hutan yang selanjutnya. Sudah cukup kebakaran hutan menyengsarakan rakyat Indonesia. Jangan biarkan Kalimantan tenggelam di tengah kepulan asap!!!




Previous
Next Post »

Post Comment