Ini Dia Ciri-ciri Madu Asli dan Cara Membedakannya

Cara Membedakan Madu Asli  - Madu merupakan cairan kental yang memiliki rasa manis dan menyerupai sirup. Mungkin sobat seputarpertanian sudah tahu apa itu madu. Madu berasal dari tawon atau serangga lain yang menghisap nektar bunga yang kemudian diproses di dalam sarang lebah madu.

Sangat amat banyak manfaat yang terkandungan di dalam madu. Madu dapat mengobati berbagai jenis penyakit dari penyakit ringan hingga penyakit yang parah. Bukan hanya itu, madu juga sangat manjur digunakan sebagai asupan penambah stamina dan menjaga kebugaran tubuh.

Untuk mendapatkan manfaat madu yang maksimal, tentunya harus menggunakan jenis madu asli dari sarang lebah tanpa ditambah bahan apapun. Saat ini banyak sekali jenis madu yang dijual dipasaran dengan kualitas yang berbeda. Sebenarnya semua madu memiliki manfaat yang sama namun manfaat tersebut akan berkurang bahkan hilang apabila ditambah dengan campuran lain.

Dahulu madu diambil langsung diambil dari alam. Namun saat ini madu sudah sangat jarang ditemui di alam bebas. Maka dari itu saat ini usaha ternak lebah madu lebih menjanjikan dari pada memburu madu langsung dari sarangnya di alam bebas. Hal tersebut membuat sebagian orang yang tidak memiliki modal banyak yang memilih jalan pintas untuk menjual madu salah satunya dengan cara membuat madu tiruan.

Semakin banyaknya produk madu yang dijual dipasaran saat ini membuat banyak orang takut untuk membelinya karena ditakutkan madu yang dibeli adalah madu palsu atau tiruan. Nah, untuk anda yang belum tau cara membedakan madu asli dan palsu, dibawah ini akan dijelaskan beberapa tips untuk membedakan antara madu asli dan palsu.


1.   Membedakan dengan menggunakan air
Cara yang pertama untuk membedakan madu asli dan palsu adalah dengan menggunakan air. Caranya cukup simpel, anda cukup meneteskan madu ke dalam air bersih lalu amati. Madu asli yang masuk kedalam air tidak akan bisa bercampus dengan air. Sedangkan madu palsu akan langsung bercampur dengan air. Baca Juga: Kenali Manfaat dan Khasiat dari Daun Binahong

2.   Membedakan dengan menggunakan korek api
Untuk membedakan madu dengan korek api sebetulnya sangat mudah namun belum banyak orang yang tahu. Caranya dengan memasukkan batang korek api kedalam madu. Lalu hidupkan korek api. Apabila korek  api tersebut dapat hidup maka madu tersebut asli begitu juga sebaliknya.

3.   Membedakan dengan memasukan madu kedalam kulkas / lemari es
Cara membedakan madu dengan lemari es dapat anda lakukan dengan menyiapkan sedikit madu asli dan palsu pada mangkuk kecil yang berbeda. Lalu amati setelah 6-7 jam, apabila madu tersebut membeku maka dapat dipastikan madu tersebut adalah bukanlah madu asli, Madu memiliki sifat khusus yang membuatnya tidak dapat membeku.

4.   Membedakan dengan menggunakan kertas
Cara lainnya untuk mengetahui jenis madu asli dapat dilakukan dengan menggunakan kertas. Pertama siapkan 2 lembar kertas  baru, setelah itu lulurkan pada bagian permukaan kertas. Kesimpulan tentang madu asli dan palsu dapat dilakukan dengan memperhatikan permukaan kertas. Kertas yang tidak mudah sobek merupakan madu asli sedangkan kertas madu palsu akan mudah sobek.

5.   Membedakan dengan menggunakan api
Cara terakhir  untuk  membedakan jenis madu asli dan palsu dapat dilakukan dengan cara membakar madu hingga berbusa. Cara ini sebetulnya tidak jauh berbeda dengan cara membedakan menggunakan air. Caranya dengan mengambil satu sendok madu lalu dibakar diatas api lilin. Setelah itu amati, apabila madu yang dibakar terdapat busa yang banyak maka kemungkinan besar madu tersebut adalah asli. Sedangkan madu palsu memiliki lebih sedikit busa.


Itulah tadi beberapa ciri ciri madu asli dan cara membedakannya yang mungkin dapat berguna untuk anda. apabila aritkel ini bermanfaat mohon bagikan kepada teman-teman anda agar artikel ini lebih bermanfaat. Terimakasih telah membaca!!!


Previous
Next Post »

Post Comment