Mengenal Pengertian Agronomi dan Penjelasannya Terlengkap

Mengenal Pengertian Agronomi dan Penjelasannya Terlengkap - Pertanian merupakan hal yang sangat luas untuk dijabarkan sehingga secara tidak langsung membentuk bidang-bidangnya sendiri. Salah satu bidang hasil dari ruang lingkup pertanian sendiri adalah agronomi yang sudah sering kita dengar saat ini. Maka dari itu pada pertemuan kali ini mari kita bahas bersama-sama tentang pengertian agronomi serta penjabarannya secara mendetil. 
Mengenal Pengertian Agronomi dan Penjelasannya Terlengkap

Pengertian Agronomi

Pengertian agronomi menurut para ahli yang pertama adalah menurut Sumantri (1980), agronomi merupakan ilmu yang mempelajari semua aspek bio fisik yang berkaitan dengan usaha untuk menyempurnakan budidaya tanaman agar memperoleh produksi yang maksimal. Sedangkan menurut Sri Setyati H. (1986), agronomi adalah cara atau teknik pengelolaan tanaman pertanian serta lingkungan untuk memperoleh produksi yang maksimal. 

Pengertian agronomi secara khusus dapat yaitu, Agronomi adalah ilmu terapan yang berbasis biologi tumbuhan yang mempelajari pengaruh dan juga manipulasi berbagai komponen biotik dan abiotik pada suatu individu atau populasi tanaman untuk dimanfaatkan untuk kepentingan manusia. Cakupan agronomi meliputi berbagai kegiatan pada bidang genetika tumbuhan, fisiologi tanaman, meteorologi, ilmu tanah dan aplikasi kombinasi ilmu biologi, genetika, kimia, ekologi, ekonomi, topografi, dan kebijakan ekonomi-politik.

Pada dasarnya terdapat tiga pokok pikiran utama yang ada di dalam agronomi yaitu lingkungan tanaman, pengelolaan, dan memaksimalkan produksi. 
  1. Lingkungan adalah tempat dimana tanaman di budidayakan. 
  2. Pengelolaan adalah usaha untuk membuat lingkungan menjadi tempat yang sesuai untuk budidaya tanaman bertujuan untuk memperoleh hasil yang maksimal dan memperkecil resiko. Pengelolaan pada dasarnya dilakukan dengan terencana melalui pemanfaatan berbaai jenis teknologi yang ada. 
  3. Memaksimalkan produksi adalah gabungan dari kedua hal diatas yang dijadikan satu kesatuan guna mendapatkan hasil yang maksimal. 

Tindakan Agronomi

Tindakan agronomi merupakan suatu tindakan pengelolaan pada lingkungan tempat tumbuh tanaman dengan cara melakukan pemeliharaan tanaman pada tanaman yang telah ditanam dan memanfaatkan semua teknologi yang ada untuk meningkatkan produksi tanaman secara optimal serta terlepas dari teknologi yang efektif dan efisien atau tidak. Pengelolaan juga merupakan suatu upaya untuk menciptakan lingkungan tempat tanaman tumbuh sesuai dengan tanaman yang ditanam, 

Agronomi dalam Sistem Agribisnis

Sistem merupakan kumpulan aspek yang  berkaitan antara satu dan yang lain serta terorganisir dan berinteraksi yang secara bersamaan bereaksi terhadap input yang bertujuan untuk menghasilkan output. Agribisnis adalah seluruh rangkaian pertanian secara komersial yang mencakup pada pengadaan serta pendistribusian sumberdaya, sarana produksi dan jasa, penanganan, kegiatan produksi pertanian, penyimpanan dan transformasi hasil, pemasaran hasil dan hasil olahan. 

Sedangkan Agroindustri merupakan sub-sistem dari agribisnis yang mencakup seluruh kegiatan pada pasca panen dan pengolahan, penanganan, pengkelasan, pengemasan, pelabelan dan penyimpanan yang terdapat dalam usaha transformasi produk dan pemasaran. Jadi dapat disimpulkan, agronomi merupakan Sub-sistem dari Agribisnis yang menyangkut seluruh hubungan dalam produksi tanaman.

Saat ini dalam memandang sistem produksi tanaman terdapat perubahan paradigma di dalamnya antara lain. 
  • Sistem produksi suatu jenis tanaman bukan sekedar mencapai kemampuan untuk “menghasilkan sebanyak-banyaknya produksi pertanian” atau hanya untuk pencapaian suatu target.
  • Pilihan tanaman yang dibudidayakan harus memperhatikan daya dukung SDA, keserasian dan kelestarian.
  • Produksi harus berorientasi pada pasar.

Nah itulah sobat artikel tentang Pengertian Agronomi dan Penjelasannya. Semoga dapat bermanfaat dan semoga sukses.
Previous
Next Post »

Post Comment