500+ Jenis Burung Murai Batu Terbaik yang Harus Anda Ketahui




500+ Jenis Burung Murai Batu Terbaik yang Harus Anda Ketahui – Murai batu adalah salah satu spesies burung yang populasinya diperkirakan sudah mulai terancam akibat perburuan liar. Namun terlepas dari itu semua, murai batu termasuk jenis burung yang paling digemari dikalangan pecinta burung kicau. Di dalam perlombaan, kategori murai batu sering dijadikan kategori yang paling bergengsi karena selain kicauannya yang unik, jenis murai batu juga cukup banyak untuk diperlombakan.

Menurut persebarannya, burung murai batu tersebar hampir seluruh di dataran asia tenggara dari mulai Thailand, Malaysia dan pastinya indonesia. Di indonesia sendiri persebaran murai batu tersebar dari sumatera, jawa hingga kalimantan. Burung murai batu di setiap daerah di indonesia memiliki nama menurut daerahnya misalnya burung murai batu medan, murai batu nias, hingga murai batu jawa dan masih banyak lagi.
Nah lebih lengkapnya akan kita membahas tentang jenis burung murai batu terbaik dan termahal.
Baca Juga: Cara Mudah Budidaya Lovebird untuk Hasil Terbaik


Murai Batu Medan

 

Sesuai dengan namanya murai batu medan jelas berasal dari Sumatera Utara. Murai batu medan termasuk jenis murai batu yang paling diunggulkan oleh para pecinta burung kicau. Selain suaranya yang lantang, murai batu medan juga termasuk jenis burung yang memiliki mental yang bagus. Mental burung termasuk hal penting ketika burung di ikut sertakan lomba. Burung yang memiliki suara yang keras sudah pasti memiliki mental baja begitu pun dengan murai batu medan. Ciri-ciri murai batu medan yang membedakan dengan jenis murai batu lainnya adalah bentuk ekrnya yang melengkung kebawah dan memiliki panjan hingga 30 cm.


Murai Batu Aceh

 

Masih sama dengan murai batu medan, murai batu aceh tentunya juga berasal dari pulau sumatera tepatnya daerah paling ujung pulau sumatera. Murai batu aceh dikenal memiliki suara yang tak kalah dari murai batu medan. Jenis murai batu ini memiliki suara yang lantang dan tak jarang sering mengeluarkan suara rol panjang yang jarang ditemukan pada jenis murai batu dari daerah lain. Ekor murai batu aceh beragam, ada yang pendek hingga yang panjang. Panjang ekor murai batu aceh sekitar 19-30 cm.


Murai Batu Nias

 

Nias adalah sebuah pulau yang letaknya masih termasuk di wilayah provinsi sumatera utara. Walaupun berdekatan dengan sumatera utara, namun murai batu nias berbeda dengan saudaranya itu. Murai batu nias memiliki ekor yang berwarna hitam oleh karena itu murai batu nias juga sering disebut murai batu ekor hitam. Suaranya pun tak kalang lantang dari saudaranya murai batu medan bahkan jenis murai batu lainnya. Namun konon, murai batu nias mentalnya akan down apabila bertemu dengan murai batu yang memiliki ekor berwarna putih.


Murai Batu Lampung

 

Berbeda dengan jenis murai batu daerah lainnya di sumatera, murai batu lampung dapat dicirikan dengan melihat ekornya yang jauh lebih pendek dari murai batu dari daerah lain. Ekor murai batu lampung hanya sekitar 12-19 cm. walaupun ekornya pendek, namun murai batu lampung terkenal akan mental tandingnya yang begitu hebat. Jenis murai batu yang satu ini apabila mendapatkan perawatan yang baik maka jangan heran apabila banyak yang menawar mahal untuk membelinya. Kelebihan lainnya dari murai batu lampung terletak pada staminanya sehingga murai batu lampung tidak mudah lelah ketika di tandingkan.


Murai Batu Kalimantan

 

Ternyata murai batu lampung bukanlah jenis murai batu dengan ekor terpendek. Murai batu Kalimantan memiliki ekor yang lebih pendek darinya. Murai batu Kalimantan hanya memiliki ekor dengan panjang sekitar 8-12 cm saja. Keunikan yang terdapat pada jenis ini ialah dadanya yang busung ketika sedang bertarung. Entah itu kebiasaan atau apa, tetapi jenis murai batu Kalimantan ketika bertarung pasti membusungkan dadanya seakan dia ingin menunjukan kehebatannya.


Murai Batu Jawa

Murai batu terpopuler selanjutnya hadir dari pulau jawa. Di jawa murai batu biasa disebut dengan burung larwo. Larwo di jawa sudah sangat jarang ditemukan karena maraknya perburuan liar dan juga habisnya hutan di pulau jawa. Ciri-ciri khusus dari larwo terletak pada bulu didadanya. Bulu hitam dada larwo terlihat jauh kebawah mendekati perutnya. Burung larwo juga sering yang ditemukan memiliki jabrik dikepalanya.


Berikut tadi telah kita simak tentang jenis burung murai batu terpopuler. Murai batu adalah burung yang memiliki harga yang cukup tinggi di pasaran. Harga murai batu di pasaran dapat mencapai 400 - 5 juta rupiah. Maka dari itu tidak heran apabila saat ini banyak orang yang membudidayakan burung murai batu untuk di budidayakan.



Previous
Next Post »

Post Comment