328 Manfaat Buah Kurma untuk Kesehatan

 
328 Manfaat Buah Kurma untuk Kesehatan
328 Manfaat Buah Kurma untuk Kesehatan
 
328 Manfaat Buah Kurma untuk Kesehatan – Kurma atau Phoenix dactylifera adalah jenis tanaman yang hidup di dataran timur tengah. Kurma diduga berasal dari teluk Persia. Di timur tengah kurma sudah dijadikan sebagai makanan pokok selama beribu-ribu tahun lamanya. Menurut orang timur tengah kurma memiliki banyak kandungan yang sangat bermanfaat untuk tubuh. Hal itu pun memang terbukti secara ilmiah bahwa kurma memang memiliki aneka ragam manfaat.

Kurma di indonesia termasuk buah yang banyak di temui ketika bulan ramadhan dan juga musim haji. Pada saat-saat itu buah kurma sangat mudah di peroleh di pinggir-pinggir jalan di hampir seluruh daerah di indonesia. konsumsi buah kurma secara rutin apalagi ketika bulan puasa memang dipercaya untuk memberikan tambahan stamina untuk tubuh. Bukan hanya itu saja, setiap 100 gram buah kurma terdapat vitamin C sekitar 230 kkal jumlah tersebut cukup besar. maka dari itu sangat tidak heran apabila buah kurma memang kaya akan manfaat untuk kesehatan manusia.

Kandungan Gizi Buah Kurma

Manfaat yang beragam yang di tawarkan oleh buah kerma jelas tidak terlepas dari kandungannya yang sangat banyak tentunya. Kandungan mineral, vitamin dan enzim pada buah kurma sangatlah beragam. Untuk kandungan gizi buah kurma akan di paparkan dalam tabel berikut.
328 Manfaat Buah Kurma untuk Kesehatan
kandungan gizi buah kurma

 

Manfaat Buah Kurma untuk Kesehatan


  1. Manfaat buah kurma sebagai penambah stamina. Buah kurma dikenal sebagai buah penambah energi. Maka dari itu sangat tidak heran buah kurma sering dijadikan makanan yang wajib ada ketika bulan puasa. Konsumsi buh kurma 3 -5  butir perhari akan menambahkan energi yang cukup besar untuk tubuh. 
  2. Buah kurma dapat melancarkan pencernaan. Kandungan serat yang cukup tinggi pada buah kurma sangat berpengaruh untuk melancarkan pencernaan. Bukan hanya serat saja, asam amino yang terdapat di dalam buah kurma juga dapat membantu memperbaiki masalah pencernaan terutama pada usus. Sangat disarankan mengkonsumsi buah kurma secara rutin agar tidak timbul pada masalah pencernaan.
  3. Kurma dapat mengobati anemia. Kandungan mineral yang tinggi di dalam buah kurma dapat berperan besar dalam mengobati anemia. Penderita anemia yang mengkonsumsi kurma secara rutin akan meningkatkan asupan zat besi bagi tubuhnya sehingga energi akan bertambah. Selain itu konsumsi secara rutin buah kurma untuk penderita anemia akan mengurangi rasa lelah dan lesu.
  4. Kurma dapat membantu menaikan berat badan. Buah kurma termasuk salah satu jenis buah yang sangat baik di tambahkan untuk menu makan sehat anda. mengkonsumsi buah kurma secara rutin telah terbukti dapat menstabilkan berat badan. Kandungan gula, protein serta vitamin-vitamin yang tinggi di dalam buah kurma dapat membantu menjaga bobot badan anda bahkan dapat menaikan berat badan anda apabila dikonsumsi secara rutin.
  5. Buah kurma dapat menyehatkan jantung. Kandungan potassium yang tinggi di dalam buah kurma telah terbukti dapat mencegah stroke dan serangan jantung. Telah kita ketahui bahwa selama ini kedua jenis penyakit tersebut adalah penyakit yang paling mematikan di dunia. Maka dari itu tidak heran banyak orang yang mengkhawatirkan timbulnya penyakit tersebut pada tubuh. Selain itu konsumsi buah kurma secara rutin dapat mengurangi kolesterol jahat yang telah kita ketahui sebagai pemicu utama penyakit stroke dan serangan jantung. Maka dari itu sangat disarankan untuk mengkonsumsi buah kurma secara rutin.
  6. Kurma dapat menyehatkan sistem syaraf. Kesehatan syaraf sangat erat kaitannya dengan otak. Penelitian membuktikan bahwa kandungan potassium yang terdapat di dalam buah kurma dapat meningkatkan kinerja otak. Sangat disarankan bagi orang yang sudah lanjut usia untuk mengkonsumsi buah kurma agar dapat menjaga dari penyakit kepikunan yang kerap timbul pada orang yang telah lanjut usia.

Itulah beberapa manfaat buah kurma yang dapat anda jadikan referensi untuk pola hidup anda. apabila artikel ini bermanfaat mohon bantu share ke kerabat anda agar ilmu pengetahuan ini tidak hanya mengendap di sini saja!
Terimakasih telah membaca!!!


Baca Juga:

Previous
Next Post »

Post Comment