157 Cara Ternak dan Budidaya Ikan Gurame Termudah dan Sukses

157 Tips Sukses Cara Budidaya Ikan Gurame

157 Tips Sukses Cara Budidaya Ikan Gurame – Ikan gurame atau nama ilmiahnya Osphronemus goramy adalah ikan yang sangat populer dikalangan para pecinta kuliner. Bukan hanya di Indonesia saja kepopuleran ikan ini dikenal bahkan asia tenggara seperti Thailand, Malaysia, Filipina banyak orang yang menggemari ikan ini.

Ikan gurame memang terkenal nikmat dengan badannya yang lebar dan pipih ikan gurame memiliki duri yang panjang dan besar namun dibalik duri yang besar terdapat daging yang lembut dengan rasa yang amat gurih dan lezat. Kandungan gizi yang ditawarkan ikan ini pun sangat tinggi.

Ikan gurame memang memiliki jaminan pasar yang sangat jelas. Harga ikan ini pun terbilang stabil bahkan cenderung naik. Harga yang tinggi dengan diimbangi permintaan yang tinggi jelas merangsang para pembudidaya untuk beralih merlirik peluang usaha yang satu ini. Untuk budidaya ikan gurame sendiri memang sudah banyak di Indonesia, tetapi semangat untuk membudidayakan ikan gurame tidak pernah pudar dari para pembudidaya pendatang baru.

Teknik budidaya ikan gurame tidak terlalu sulit namun butuh keseriusan tingkat tinggi. Langsung saja tanpa banyak basa-basi, sahabat pertanian akan dimanjakan dengan tips sukses cara budidaya ikan gurame yang akan dibahas dibawah ini.

Persiapan kolam
Pertama pilih lokasi kolam yang akan dibuat kolam. kolam untuk tempat budidaya adalah jenis kolam tanah yang mana pada kolam tanah lebih banyak terdapat plankton serta hewan/organisme kecil yang dapat mencadi makanan alami bagi ikan gurame. Langkah awal persiapan kolam adalah dengan membersihkan apabila pada dasar kolam terdapat sampah dan kotoran, bersihkan hingga benar-benar bebas dari sampah.

Setelah itu campurkan pupuk kandang dengan tanah dasar kolam lalu biarkan selama seminggu. Setelah seminggu isi kolam dengan air, namun hanya pada batas ketinggian 50 cm lalu biarkan selama 3 hari hingga organisme kecil benar-benar tumbuh dengan baik. lalu isi air dengan ketinggian 150 cm dan bibit siap ditebar.

Persiapan bibit
Sebagai saran untuk pemula tidak perlu memijah gurame untuk mendapatkan bibit. Cukup beli bibit gurame pada peternak gurame. Sebab apabila pemijahan gagal hanya akan buang-buang waktu dan tenaga saja. Alangkah baiknya langsung membeli bibit yang sudah terjamin keunggulannya untuk kelancaran proses pembesaran.

Penebaran bibit
Tebar bibit ikan gurame ke kolam pembesaran yang telah disiapkan. Sebelum bibit di tebar, bibit harus melalui tahap adaptasi terlebih dahulu agar resiko kematian bibit dapat diminimalisirkan. Caranya bibit yang telah disiapkan masukan kedalam kantong yang berisi air, beri oksigen pada kantong air tersebut. Lalu celupkan air pada kolam hingga plastic menguap. Apabila uap/embun sudah terlihat itu tandanya suhu pada kolam sudah sama dengan suhu pada kantong plastik. Setelah itu masukkan bibit perlahan-lahan kekolam.

Pengelolaan pakan
Untuk baby ikan gurame cukup diberi cacing merah. Tekstur cacing merah yang halus dapat dengan mudah dikonsumsi baby gurame. Untuk gurame yang sudah menginjak dewasa, gunakan pelet dengan kadar protein 20-30%. Berikan pelet pada pagi dan sore. Untuk makanan tambahan ikan gurame dapat diberi makan daun-daunan seperti daun talas, daun kates/papaya, daun singkong dan masih banyak lagi yang terpenting daun tidak mengandung racun. Mengingat ikan gurame termasuk ikan yang rakus maka ikan gurame juga dapat diberikan makanan lain seperti daun kangkung, dedak padi, jagung, ampas tahu, kacang hijau, tauge dan berbagai jenis makanan yang mengandung protein dan karbohidrat tinggi. Jika anda mengharapkan cepat panen maka frekuensi pemberian pakan dapat ditingkatkan sampai 4 kali dalam sehari. Baca Juga: Jenis dan Cara Membuat Pakan Ikan Alternatif

Perawatan
Perawatan yang baik akan menghasilkan panen yang maksimal. Air menjadi perhatian khusus untuk para pembudidaya, disarankan selalu cek suhu air, pH air, kebersihan dan jumlah air. Apabila sudah banyak pakan yang menumpuk di dasar kolam, sebaiknya kolam dikuras ¼ airnya untuk diganti kembali dengan air yang baru.

Usahakan apabila disekitar lokasi kolam tidak tersedia pohon pelindung maka gunakan pelepah kelapa untuk menghindari cahaya matahari masuk secara berlebihan. Ikan yang terkena cahaya matahari berlebihan dapat menyebabkan resiko kematian. 

Pemanenan
Proses pemanenan dapat disesuaikan dengan permintaan. Namun panen gurame bisa dilakukan sekaligus apabila ada permintaan yang besar dari pasar. Ikan gurame sudah layak konsumsi sekitar umur 5 bulan. Bobotnya dapat mencapai 1 kg.

Itulah tadi telah kita simak cara ternak dan budidaya ikan gurame secara jelas dan rinci. Semoga artikel ini dapat mengantarkan anda pada kesuksesan anda. Semoga bermanfaat dan sukses selalu!

Previous
Next Post »

Post Comment