Budidaya Sukses Cara Menanam Pohon Gaharu



Budidaya Sukses Cara Menanam Pohon Gaharu – Gaharu adalah pohon yang terbilang unik dari pohon lainnya. Jika pohon jati, sengon, dan yang lainnya untuk pemanfaatannya diambil batangnya, tidak dengan pohon gaharu. Pohon gaharu dimanfaatkan untuk diambil ekstraksi batangnya, Ekstrak dari batang gaharu dapat dimanfaatkan sebagai bahan parfume yang berkualitas. Untuk 1 kg kayu gaharu dihargai hingga kisaran 150-170 juta. Mahal sekali bukan, namun dalam budidaya gaharu pun memerlukan kesabaran ekstra. Gaharu baru dapat dipanen pada saat umur 7 tahun.

Permintaan kayu gaharu sangat tinggi di dunia, saat ini persediaan gaharu yang terdapat di pasaran hanya dapat menutupi 25% saja dari permintaan. Pada periode 2012 permintaan kayu gaharu di Nusantara mencapai 1.800 ton tapi yang tertutupi hanya 600 ton. Oleh sebab itu untuk beberapa kalangan orang budidaya gaharu menjadi peluang yang sangat menjanjikan.

Cara menanam pohon gaharu susah-susah gampang, nah admin akan menjabarkan sedikit tips tentang budidaya sukses cara menanam pohon gaharu. Semoga bermanfaat!!


Budidaya Sukses Cara Menanam Pohon Gaharu
Budidaya Sukses Cara Menanam Pohon Gaharu

 

1.  Pemilihan Bibit

Bibit yang dipilih tidak sembarang jenis, pilihlah bibit yang tingkat inokulasinya baik, sebab inti dari budidaya gaharu berada pada inokulasinya. Kayu gaharu yang berkualitas adalah kayu gaharu yang dapat terinfeksi dengan baik dan menghasilkan kayu yang berkualitas. Pilih bibit gaharu dengan jenis Aquillaria Malacensis, Microcarrpa, dan Aquillaria Becariana. Pada saat ini bibit gaharu sudah banyak dibudidayakan oleh petani maupun perusahaan. 

 

2.  Persiapan Lahan

Walaupun tanaman gaharu dapat hidup dengan lahan yang kurang subur namun alangkah baiknya pilih lahan yang baik akan ketersediaan unsur haranya. Bajak lahan terlebih dahulu agar tanah dapat gembur dengan baik supaya akar tanaman dapat bergerak dengan leluasa. Buat lubang tanam dengan ukuran 30x30x30cm. Apabila tanah terlalu masam pH berada dibawah 5,5 maka dapat di berikan kapur pertanian atau dolomit. Berikan pupuk kandang sekitar 3-5kg/lubang tanam. Untuk proses penanaman sendiri dapat dilakukan pada awal musim penghujan yaitu sekitar bulan oktober-desember.


3.  Pemberian Naungan

Pohon gaharu tidak dapat menerima cahaya matahari terlalu banyak, oleh sebab itu adanya pohon naungan sangat membantu mengurangi penguapan pohon gaharu. Naungan juga dapat dibuat dengan jerami dsb.

 

4.  Perawatan Tanaman

Untuk perawatan lakukan penyianggan pada tanaman ini sekitar 3 bulan sekali, agar gulma yang tumbuh disekitar wilayah pertanaman dapat dikendalikan. Hama populer pada pohon gaharu adalah ulat yang sangat gemar mengincar daun gaharu, apabila ini terjadi aplikasikan insektisida untuk mengendalikan hama ulat tersebut.

 

5.  Inokulasi

 
Budidaya Sukses Cara Menanam Pohon Gaharu
Batang Gaharu Setelah di Inokulasi

Inokulasi adalah bagian terpenting dari budidaya gaharu, inokulasi dilakukan dengan cara melakukan bibit cendawan dengan cara menyayat batang gaharu lalu menempelkan bibit cendawan pada batang yang telah dilukai tersebut. Inokulasi dapat dilakukan ketika gaharu telah berumur 5 th.


6.  Panen

Panen dilakukan ketika umur gaharu 7 tahun, pada umur 7 tahun bibit cendawan yang diaplikasikan kedalam batang gaharu dapat menyatu sempurna dengan batang. Karakteristik batang yang telah sempurna adalah berwarna hitam.
Previous
Next Post »

Post Comment