Mengenal Jenis-jenis Hutan di Indonesia Lengkap

Mengenal Jenis-jenis Hutan di Indonesia Lengkap

Mengenal Jenis-jenis Hutan di Indonesia Lengkap - Indonesia merupakan Negara yang memiliki luasan hutan yang sangat besar. Hal itulah yang membuat Indonesia dijuluki sebagai Paru-paru dunia yang artinya sepertiga hutan di dunia berada di Indonesia. Hutan pada dasarnya jenisnya lumayan banyak karena kondisi geografis dimana hutan tersebut berbeda-beda dari dataran rendah hingga dataran tinggi, dari perairan hingga daratan. Menurut Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, di Indonesia saat ini terdapat 129 juta Ha kawasan hutan yang terdiri dari berbagai jenis jika ditinjau dari berbagai segi.

Pengertian Hutan

Pengertian hutan telah tertuang pada undang-undang kehutanan yang tercantum pada Undang-undang Nomor 41 Tahun 1999 yang berisi, Hutan adalah satu kesatuan ekosistem yang berupa hamparan lahan yang di dalamnya terdapat sumber daya alam hayati yang didominasi pepohonan dalam persekutuan alam lingkungannya, yang satu dengan yang lain tak dapat terpisahkan.

Jenis Hutan di Indonesia

Pada dasarnya jenis hutan terbagi menjadi 6 jenis yang ditinjau dari berbagai segi. Adapun golongan-golongan hutan tersebut antara lain:

1.   Jenis Hutan Berdasarkan Iklimnya
Pada dasarnya hutan dibagi menjadi dua jenis berdasarkan iklimnya antara lain:

a.   Hutan hujan tropis
Hutan jenis ini adalah hutan yang terletak pada wilayah yang terdapat curah hujan yang tinggi. Hutan hujan tropis memiliki keanekaragaman hayati  yang cukup tinggi karena iklim yang mendukung.

b.   Hutan munson 
Hutan munson sama halnya dengan hutan hujan tropis hanya saja pada hutan munson terdapat musim kemarau yang amat panjang. 

2.   Jenis Hutan Berdasarkan Bentangan Alam
Jenis hutan yang satu ini dibagi menjadi 9 jenis antara lain:

a.   Hutan Pegunungan
Hutan pegunungan adalah hutan yang terletak pada dataran tinggi yakni diatas 1000 meter diatas permukaan laut.

b.   Hutan Dataran Rendah
Hutan dataran rendah yakni hutan yang letaknya pada dataran rendah dengan ketinggian dibawah 1000 meter diatas permukaan laut.

c.   Hutan Pantai
Hutan pantai yakni hutan yang letaknya berdekatan dengan pantai.

d.   Hutan Perairan
Hutan perairan adalah adalah hutan yang berada pada kawasan perairan darat maupun laut yang dipenuhi tumbuhan air maupun terumbu karang. Di dalamnya terdapat berbagai flora dan fauna yang hidup dalam ekosistemnya.

e.   Hutan Gambut
Hutan Gambut adalah hutan yang bahan penyusun tanahnya merupakan bahan organik seperti pelapukan pohon-pohon selama berjuta-juta tahun. Tanah pada hutan gambut memiliki struktur yang berbeda dengan tanah jenis lainnya karena struktur tanah hutan gambut gembur dan ringan dan jika dipijak akan terasa empuk.

f.   Hutan Rawa
Hutan rawa adalah hutan yang terdapat pada lahan basah dan selalu digenangi air.

g.   Hutan Mangrove
Hutan jenis ini adalah hutan yang terdiri dari pohon mangrove yang tumbuh dengan rapat di daerah pesisir pantai. Hutan mangrove merupakan hutan yang berperan dalam menjaga abrasi pada pantai dan juga terdapat beragam fauna di dalamnya.

h.   Hutan Batu Kapur
Hutan ini adalah hutan yang berdiri diatas tanah yang mengandung kapur.

i.   Savana
Savana adalah hamparan hutan dengan padang rumput yang sangat luas.

3.   Jenis Hutan Berdasarkan Jenis Pohonnya
Hutan jenis ini dibagi menjadi menjadi dua jenis antara lain:

a.   Hutan Homogen
Hutan homogen adalah hutan yang di dalamnya terdapat populasi pepohonan yang seragam seperti hutan jati, hutan pinus, hutan bambu dan sebagainya. Hutan homogen ada yang buatan yang merupakan orientasi pada keuntungan dan juga ada yang terbentuk secara alami.

b.   Hutan Heterogen
Hutan jenis ini adalah hutan yang terdiri dari berbagai jenis pepohonan dan tanaman dan tidak didominasi oleh tanaman tertentu.

4.   Jenis Hutan Berdasarkan Tempat Asalnya
Pembagian hutan jenis ini terbagi menjadi dua jenis antara lain:

a.   Hutan Alami
Hutan alami adalah hutan yang terbentuk secara alami dengan proses jutaan tahun dan tanpa campur tangan manusia.

b.   Hutan Buatan
Hutan buatan adalah hutan yang dibuat atau direkayasa oleh manusia dengan cara reboisasi, rehabilitasi maupun membuat hutan baru pada lahan baru.

5.   Jenis Hutan Berdasarkan Pembentukannya
Hutan jenis ini terbagi menjadi dua jenis antara lain:

a.   Hutan Premier
Yaitu hutan yang belum pernah terjamah manusia sehingga belum pernah terjadi penebangan liar di hutan tersebut.

b.   Hutan Sekunder
Hutan jenis ini adalah hutan yang berasal dari hutan alami namun ditebang dan lalu ditumbuhi lagi baik itu untuk proses reboisasi maupun budidaya.

Artikel jenis hutan yang ada di Indonesia ini merupakan artikel yang diambil dari beberapa sumber. Semoga artikel ini bermanfaat untuk sobat semua. Semoga sukses dan sampai jumpa.
Previous
Next Post »

Post Comment