50 Manfaat Biji Bunga Matahari Untuk Kesehatan

50 Manfaat Biji Bunga Matahari Untuk Kesehatan

Manfaat Biji Bunga Matahari Untuk Kesehatan - Bunga matahari merupakan tanaman yang memiliki bentuk seperti bunga matahari, Tanaman ini dianggap sangat indah untuk ditanam dihalaman rumah. Namun tahukah anda bahwa bunga matahari sebenarnya memiliki manfaat yang sangat besar bagi kesehatan. Bagian yang paling bermanfaat dari bunga matahari terletak pada bagian akar, daun, biji dan bunga matahari. Biji dari bunga matahari juga saat ini sudah banyak dijual dipasaran dalam bentuk makanan cemilan yang biasa disebut kuaci.

Tanaman bunga matahari merupakan salah satu jenis tanaman obat keluarga karena sifatnya yang mampu dijadikan obat untuk berbagai jenis penyakit. Bunga matahari dipercaya mampu mengobati berbagai penyakit antara lain seperti bronkitis, infeksi saluran kencing, batuk, keputihan, sakit kepala, sakit gigi, reumatik, nyeri lambung, radang payudara dan jenis penyakit lainnya.

Di dalam bunga matahari terdapat kandungan kimia yang berfungsi untuk mengobati berbagai penyakit seperti Quercimeritrin, prostaglandin E, helianthoside (A,B,C), chlorogenic acid, phytin, oleanolic acid, echinocystic acid. Sedangkan dalam bijinya terkandung Beta sitosterol, quinic acid, 3,4-benzopyrene.

Bagian tanaman yang banyak dijadikan untuk mengobati penyakit adalah akar, daun, bunga dan biji. Akar bunga matahari berkhasiat untuk mengobati infeksi saluran kencing, bronchitis, batuk, dan keputihan. Sedangkan bagian bunga bermanfaat untuk mengobati darah tinggi, mengobati sakit kepala, pusing, sakit gigi, nyeri pada saat menstruasi, nyeri pada lambung, radang payudara.

Maka dari itu mari kita simak ulasan dibawah ini cara mengobati brbagai penyakit dengan bunga matahari.

1.   Mengobati Infeksi pada saluran kencing
Siapkan 35 gram akar bunga matahari segar. Lalu  cuci bersih dan rebus dengan air sebanyak 2 gelas. Tidak perlu merebusnya sampai mendidih. Ketika hampir mendidih tiriskan ampasnya dan minum selagi hangat.

2.   Melancarkan pencernaan
Jika sobat mengalami masalah pada pencernaan, tanaman bunga matahari juga bisa dijadikan sebagai obat untuk melancarkan saluran pencernaan. Caranya dengan merebus 20-30 gram akar bunga matahari dengan 2 gelas air. Setelah air diperkirakan tinggal satu gelas maka matikan kompor dan tiriskan ampasnya lalu airnya bisa diminum. Cukup minum satu hari sekali hingga pencernaan lancar kembali.

3.   Mengobati Reumatik
Caranya sangat mudah dengan merebus kepala bunga matahari sebanyak 1 atau dua kepala bunga. Rebuslah hingga lunak lalu tempelkan pada bagian yang terkena reumatik. Lakukan hal ini secara rutin maka insyaallah reumatik anda akan sembuh.

4.   Sebagai obat sakit kepala
Siapkan 25-30 gram bunga matahari segar lalu rebuslah dengan dicampur 1 butir telur ayam tetapi jangan dipecahkan  (rebus bersama kulit telur ayam), tambahkan 2-3 gelas air tunggu hingga air tersisa 1 gelas. Kemudian tiriskan bunga matahari dan minum airnya setiap setelah makan.

5.   Mencerahkan kulit
Konsumsi biji bunga matahari secara rutin maka anda akan mendapatkan kulit yang halus dan cerah. Di dalam biji bunga matahari terkandung vitamin E yang berguna sebagai penangkal sinar UV agar kulit terlihat lebih awet muda.

6.   Menangkal penyakit jantung
Konsumsi biji bunga  matahari secara rutin dapat mencegah anda terserang penyakit jantung karena kandungan yang ada di dalam biji bunga matahari mampu menangkal kolesterol yang menyumbat arteri. Sehingga resiko terkena penyakit jantung akan menurun.

7.   Memberikan ketenangan dan rasa rileks
Kandungan magnesium yang terdapat di dalam biji bunga matahari dapat membantu anda merileksasikan tubuh sejenak dari aktifitas yang membelenggu. sakit kepala, migran, stres dapat dikurangi dengan mengkonsumsi 1/4 cangkir biji bunga matahari setiap hari.


Nah itulah sobat Manfaat biji bunga matahari yang dapat membuat anda lebih sehat. Semoga artikel ini bermanfaat dan terimakasih telah membaca.
Previous
Next Post »

Post Comment