Peluang Usaha Menjanjikan Souvenir Bunga Kaktus Mini

Peluang Usaha Menjanjikan Souvenir Bunga Kaktus Mini – salah satu tanaman hias yang sedang naik daun adalah kaktus mini. Kaktus mini merupakan tanaman kaktus yang berbentuk mini tingginya tidak lebih dari 7 cm dengan bunga yang indah. Saat ini kaktus mini banyak diusahakan di Indonesia baik untuk pemanis ruangan maupun berbentuk souvenir.
Bunga Kaktus Mini
 Sejak awal tahun 2015 souvenir kaktus hias memang sedang naik daun hingga saat ini. Seperti diungkapkan bapak Suherman salah satu pengusaha souvenir bunga kaktus mini asal Lampung beliau telah menerima pesanan souvenir kaktus hingga pertengahan tahun. “Souvenir bunga kaktus hias yang dipesan hampir semuanya untuk keperluan acara pernikahan” ungkapnya.

Menanam kaktus mini sebenarnya cukup mudah hanya saja perlu ketelatenan apalagi sudah penuh denggan orderan. Sebaiknya penanaman dilakukan pada jauh-jauh hari agar tidak kerepotan nantinya. Pada tahun 2015 permintaan akan kaktus mini juga semakin meningkat dari tahun sebelumnya. Seperti yang dijelaskan bapak Suherman beliau sendiri mengalami peningkatan hingga 40%.
Jenis-jenis Kaktus Terindah yang Pernah Ada
 

Peluang Usaha Bunga Kaktus Mini
“Bunga kaktus hias merupakan peluang yang sangat menjanjikan untuk dijalankan apalagi melihat pesaingnya belum ramai” kata Suherman. Bapak Suherman memulai usaha ini bermula dari sekedar hobi tanaman hias yang saat ini malah menjadi sumber rezekinya. Beliau juga mengatakan sebaiknya sebelum memulai usaha ini alangkah baiknya mengetahui cara menanam bunga kaktus terlebih dahulu.

Sedangkan harga souvenir bunga kaktus sendiri cukup variatif  mulai dari Rp. 5.000 hingga Rp. 20.000 tergatung dari bentuk dan besarnya.  Bunga kaktus dianggap sebagai hadiah yang unik sehingga membuat orang terkesan.
Kebun Kaktus Mini
Model pengemasan dari souvenir bunga kaktus sendiri biasanya sesuai dengan permintaan dan jelas model pengemasan akan mempengaruhi harga. Sedangkan pemasarannya dapat dari mulut ke mulut hingga menggunakan media sosial sebagai sarana ampuh untuk mempromosikan bunga kaktus hias.


Teknik Pengemasan
Menurut bapak Suherman, Pengemasan yang ditawarkan di toko saya berbeda-beda, dari mulai dengan plastik mika yang diikat pita hingga menggunakan kaca yang dibentuk kotak menyesuaikan besar dan tinggi kaktus”. Pengemasan sendiri membutuhkan keahlian khusus agar tampilan dari kaktus akan terlihat lebih menari dimata konsumen.
Pengemasan mengguanakan plastik
 “Teknik pengemasan yang paling sulit adalah yang menggunakan kaca karena membutuhkan lebih banyak waktu dalam prosesnya selain itu harganya lebih mahal” imbuhnya.


Keuntungan Jutaan Rupiah dari Bunga Kaktus
Ketika ditanya tentang berapa omsetnya, Bapak Suherman sedikit malu untuk menjawabnya. Namun ketika kami meminta beliau untuk memberikan perkiraannya kami sontak terkejut. “Saya malu mas, jangan bilang-bilang tapi yaaa! Omset saya masih sekitar 15-20 jutaan sebulan mas itu juga masih dipotong biaya karyawan sama perawatan”.

Untuk pemeliharaan tanaman selama 3 bulan beliau diperkirakan mengeluarkan biaya hingga 6-7 juta rupiah. Banyaknya tanaman yang beliau jual setiap tahunnya mencapai 40.000 buah souvenir bunga kaktus mini.


Bagaimana, apakah anda tergiur untuk memulai usaha bunga kaktus mini yang indah ini. Hingga saat ini peluang untuk usaha yang satu ini masih cukup terbuka lebar karena belum banyak pesaingnya. Selain itu harga dan keuntungannya pun cukup menggiurkan.

Previous
Next Post »

Post Comment