Mengenal Bunga Kamboja Jepang yang Indah

Mengenal Bunga Kamboja Jepang yang Indah
Bunga Kamboja Jepang

Mengenal Bunga Kamboja Jepang yang Indah – Kamboja Jepang sebenarnya berbeda dengan bunga kamboja pada umumnya yang banyak sekali ditemukan di areal pemakaman. Bunga kamboja jepang sebenarnya memiliki nama asli Adenium. Bunga kamboja jepang sebetulnya bukan berasal dari jepang. Bunga Kamboja Jepang berasal dari daerah kering yaitu Asia Barat dan Afrika.

Penamaan Kamboja Jepang sendiri tidak diketahui awal mulanya, yang jelas penamaan itu diberikan oleh masyarakat Indonesia. Di Negara asalnya, Adenium disebut dengan sebutan Desert Rose atau mawar padang pasir. Sedangkan penamaan Adenium sendiri berasal dari salah satu tempat asalnya yaitu di Negara Yaman tepatnya di Kota Aden.

Adenium atau Bunga Kamboja Jepang merupakan kerabat dari Plumeria, namun terdapat beberapa perbedaan di dalamnya yaitu pada Adenium memiliki bentuk batang yang besar dengan bagian akar menyerupai umbi. Sedangkan bagian tanaman lainnya cenderung kecil. Sedangkan Plumeria memiliki bentuk batang yang kecil dengan bagian akar yang normal tidak seperti umbi dengan bentuk tanaman bagian atas yang besar dan memanjang.

 

Bentuk tanaman

Bentuk akar pada bunga kamboja jepang membesar seperti umbi. Akar tersebut berfungsi sebagai tempat menyimpan air pada saat kekeringan. Dengan adanya umbi tersebut tanaman akan tetap hidup meskipun dilanda kekeringan berkepanjangan. Akar Bunga Kamboja Jepang sangat indah karena muncul ke atas permukaan dan membentuk bermacam pola unik sehingga menyerupai tanaman bonsai.

Ada cara unik agar bunga kamboja jepang dapat tumbuh lebih indah dan bersamaan. Caranya dengan cara memangkas mata tunas pada bagian atas tanaman. Dengan cara tersebut akan memunculkan daun-daun baru dan bunga akan muncul lebih indah secara serempak.

Daun Bunga Kamboja Jepang berbentuk runcing, lonjong, kecil hingga besar. Sedangkan Bunga Kamboja Jepang memiliki bentuk yang menyerupai terompet yang umumnya memiliki 5 kelopak. Warna Bunga Kamboja Jepang bervariasi tergantung jenisnya. Saat ini juga sudah banyak para pehobi yang mulai mengembangkan Bunga Kamboja Jepang dengan bentuk bunga yang lebih indah bahkan jenis terbaru yang dihasilkan berbentuk menyerupai kelopak bunga mawar.

Terdapat dua kelompok Bunga Kamboja Jepang yakni jenis asli dan jenis rekayasa melalui perkawinan silang dan semacamnya. Terdapat dua jenis asli dari Bunga Kamboja Jepang yaitu:
  1. Bunga Kamboja Jepang Arabicum (Adenium Arabicum), memiliki bentuk bongol yang besar dan terdapat banyak batang yang tumbuh dari bonggol tersebut. Bunganya kecil dengan perpaduan warna putih dan merah jambu.
  2. Bunga Kamboja Jepang Obesum (Adenium Obesum), memiliki bentuk bonggol yang besar dan memanjang keatas. Terdapat percabangan pada batang bagian atas. Bunganya besar dengan paduan warna merah dan putih.

Nah, baru kita simak tentang ulasan mengenal bunga kamboja jepang yang indah. Semoga artikel ini bermanfaat. Terimakasih telah membaca!!!
Previous
Next Post »

Post Comment