Cara Stek Tanaman Bunga Mawar Agar Cepat Berbunga

Cara Stek Tanaman Bunga Mawar Agar Cepat Berbunga – Bunga mawar hingga saat ini masih menjadi primadona dikalangan pecinta tanaman hias maupun para penikmatnya. Bunga ini  sering dijadikan sebagai hadiah untuk orang-orang terkasih untuk mengungkapkan perasaan. Oleh sebab itu banyak orang yang ingin menanam bunga mawar dirumah namun masih banyak yang tidak tahu cara menanamnya agar bunga mawar tumbuh subur dan cepat berbunga.

Tips mudah menanam bunga mawar yaitu dengan cara stek tanaman mawar. Teknik stek terbilang cukup ampuh karena tanaman mawar yang dihasilkan akan cepat berbunga asalkan tanaman yang akan distek berasal dari indukan yang unggul seperti saat ini jenis mawar hibrida.
Bunga Mawar Hasil Stek
Cara stek tanaman mawar sebenarnya cukup  mudah. Meskipun mudah tetapi diperlukan teknik yang tepat agar mengurangi resiko kegagalan nantinya. Maka dari itu seputarpertanian akan memberikan teknik jitu cara stek tanaman mawar agar cepat berbunga.

 

Cara Stek Tanaman Mawar

  1. Pertama-tama siapkan siapkan media tanam terlebih dahulu. media tanam yang digunakan adalah tanah, kulit padi dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1:1. Setelah semua itu disiapkan lalu aduk hingga rata dan masukan kedalam polybag berukuran sedang.
  2. Setelah media tanam siap lalu tentukan tanaman mawar yang akan di stek. Ada beberapa kriteria memilih tanaman mawar yang akan di stek yaitu pilihlah batang tanaman yang sudah tua dan jangan sekali-kali menggunakan batang muda karena percuma tanaman tidak akan bertahan lama. 
  3. Ciri-ciri batang yang sudah tua dapat dilihat pada durinya, apabila duri berwarna hitam berarti batang tersebut sudah tua. Sedangkan pada batang muda durinya masih berwarna merah jambu. Cara stek tanaman yang kami anjurkan ini memang telah terbukti berhasil asalkan teknik yang kami sarankan dilakukan dengan tepat.
  4. Langkah selanjutnya yaitu potong batang mawar yang sudah tua sekitar satu jengkal dari ujung batang dengan menggunakan gunting atau pisau yang tajam. Potonglah batang tersebut dengan cara meruncing agar akar cepat tumbuh.
  5. Selanjutnya pindahkan potongan batang tersebut kedalam media tanam yang telah disiapkan dengan kedalaman 5-7 cm. Setelah itu letakan tanaman pada tempat yang terpapar sinar matahari langsung.
  6. Pemeliharaannya agar tanaman cepat berbunga yaitu dengan menyiram tanaman secara rutin setiap pagi dan sore hari. Berikan pupuk susulan setiap satu bulan sekali.

Itulah beberapa tips ampuh cara stek tanaman mawar agar cepat berbunga. Semoga artikel ini bermanfaat dan terimakasih telah membaca!!!


Previous
Next Post »

Post Comment