34 Tanaman Herbal untuk Obat Asam Urat


34 Tanaman Herbal untuk Obat Asam Urat - Penyakit asam urat adalah penyakit yang diakibatkan karena kelebihan zat purin sebagai pembentuk asam urat. Ketika konsumsi purin berlebih maka ginjal tidak mampu mengolahnya dengan baik sehingga terjadi penumpukan kristal dan tersebar hingga ke persendian. Maka dari itu  penderita asam urat pasti merasakan nyeri diseeluruh persendiannya.

Asam urat biasanya menyerang pada orang-orang yang telah berusia lanjut. Pada manusia yang telah berusia lanjut biasanya sistem metabolismenya sudah tidak seperti saat muda maka dari itu asam urat mudah timbul apalagi jika pola hidup tidak teratur. Sebetulnya asam urat dapat dihindari sejak dini tentunya dengan memperhatikan pola hidup serta pola makan yang baik. 

Saat ini banyak sekali obat kimia yang dijual dipasaran untuk mengobati asam urat. Tapi tahukah anda bahwa ada obat asam urat yang harganya cukup murah bahkan gratis. Tanaman herbal untuk obat asam urat sebenarnya banyak sekali jenisnya dan sangat mudah didapat. Daripada anda penasaran mari kita bahas apa saja tanaman herbal yang mampu mengobati asam urat.

Daun Salam
Daun salam dipercaya sudah sejak lama dapat mengobati asam urat. Kita semua pasti sudah tahu tentang daun salam, daun salam sering dijadikan  tambahan bumbu masakan khas nusantara. Namun kelebihan lainnya selain dapat menjadi penyedap rasa masakan ternyata daun salam merupakan tanaman herbal yang mampu mengobati asam urat. Daun salam mengandung flavonoid, atsiri, dan juga tanin. Semua zat tersebut menurut penelitian mampu mengobati asam urat apabila dikonsumsi daun salam dikonsumsi secara rutin.

Kumis Kucing
Kumis kucing atau Orthosiphon aristatus merupakan obat herbal tradisonal yang mampu mengobati berbagai jenis penyakit dan salah satunya adalah asam urat. kandungan garam kalium di dalam kumis kucing mampu menghancurkan kristal yang terdapat pada saluran kencing sehingga akan meredakan penyakit asam urat.

Kucingan atau Anting-anting
Kucingan merupakan tanaman herbal untuk obat asam urat selanjutnya. Tanaman ini memiliki sifat anti radang dan juga sebagai pembersih hati. Tanaman ini jika dicampurkan bersama tanaman herbal lainnya mampu menjadi obat herbal yang baik untuk  mengobati asam urat.

Sambiloto
Sambiloto adalah tanaman herbal yang sangat terkenal dengan rasa pahit dan getirnya. Namun dibalik rasanya  yang pahit itu ternyata  sambiloto mampu mengoobati berbagai macam jenis penyakit termasuk asam urat. Air rebusan sambiloto dipercaya dapat menjadi obat mujarab untuk asam urat. Beberapa kandungan yang terdapat pada  sambiloto  antara lain natrium, kalium, kalsium, dan lain lain.

Kulit Manggis
Kulit manggis mampu mengobati mengobati asam urat. Caranya yaitu kulit manggis di iris tipis lalu dijemur beberapa hari hingga kering. setelah kering kulit manggis dicampur dengan 2 gelas air dan direbus. Tunggu hingga air rebusan menjadi 1 gelas lalu minum dalam keadaan hangat.

Jahe
Telah kita ketahui bahwa jahe memang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Jahe dapat dijadikan sebagai obat asam urat. Caranya yaitu dengan mengiris-iris tipis jahe secukupnya lalu dicampur dengan madu lalu direbus dengan 1 gelas air. Minum air rebusan tersebut secara rutin agar asam urat dapat lekas membaik. 

itulah beberapa tanaman herbal untuk obat asam urat yang mungkin dapat anda jadikan referensi. semoga artikel ini bermanfaat!
Previous
Next Post »

Post Comment