723 Manfaat dan Khasiat Buah Mengkudu untuk Kesehatan



723 Manfaat dan Khasiat Buah Mengkudu untuk Kesehatan – Buah mengkudu atau yang lebih dikenal dengan sebutan buah pace ini adalah buah yang memiliki banyak manfaat untuk manusia. Buah pace memiliki bentuk bulat hingga lonjong dan berbintik hitam. Buah mengkudu memiliki aroma yang kurang sedap wajar banyak orang yang tidak menyukainya. Dalam pemanfaatannya buah mengkudu banyak diolah menjadi jus, sayur dan sebagainya. Namun lebih umumnya buah mengkudu dibuat jus karena lebih mudah dikonsumsi. 

723 Manfaat dan Khasiat Buah Mengkudu untuk Kesehatan
723 Manfaat dan Khasiat Buah Mengkudu untuk Kesehatan

Buah pace sudah sejak lama dikonsumsi nenek moyang kita sebagai pengobatan tradisional. Manfaat mengkudu pun hingga saat ini turun menurun hingga pada generasi kita. Namun faktanya anak muda saat ini sudah banyak yang mengabaikan tentang manfaat buah yang satu ini. Maka dari itu seputarpertanianoke akan menjelaskan secara rinci tentang manfaat buah mengkudu atau pace ini.
Menurut para ahli, di dunia terdapat sekitar 80 spesies buah pace. Dari 80 tersebut  yang memiliki kandungan racun sekitar 60 jenisnya dan yang 20 aman di konsumsi manusia. Kandungan buah mengkudu sangatlah kompleks maka dari itu sangat tidak heran apabila buah mengkudu memiliki sejuta manfaat bagi manusia.

Kandungan Buah Mengkudu

Menurut banyak ahli yang telah meneliti buah mengkudu menyimpulkan bahwa buah mengkudu mengandung banyak kandungan yang baik bagi kesehatan manusia terutama antioksidan. Buah mengkudu memiliki kemampuan untuk mencegah dan menekan pertumbuhan kanker dalam tubuh. Selain itu pace juga dapat mencegah pertumbuhan tumor. Untuk lebih jelasnya bisa di lihat pada tabel ini.
723 Manfaat dan Khasiat Buah Mengkudu untuk Kesehatan
Kandungan Nutrisi pada Buah Mengkudu

 

Manfaat Buah Mengkudu

723 Manfaat dan Khasiat Buah Mengkudu untuk Kesehatan
Manfaat Buah Mengkudu

Buah mengkudu dapat melancarkan pencernaan
Gangguan pencernaan adalah masalah yang sering dialami oleh banyak orang. Penyakit pencernaan seperti radang pada lambung dan luka usus dapat diobati dengan mengkonsumsi mengkudu. Gangguan pencernaan pada umumnya timbul karena penderita kekurangan serat. Konsumsi buah mengkudu secara rutin dapat menambah asupan serat dalam tubuh karena buah mengkudu memang dikenal kaya akan kandungan seratnya.

Mengkudu dapat Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
Tekanan darah tinggi merupakan awal mula dari terbentuknya berbagai penyakit berbahaya seperti jantung dan stroke. Konsumsi buah mengkudu secara rutin dapat menurunkan tekanan darah tinggi menjadi normal namun dengan memperhatikan pola makan yang sehat. kandungan yang berperan besar dalam menurunkan tekanan darah adalah zat xeronin. Cara konsumsi buah mengkudu dapat di buat jus atau direbus dengan dikupas kulitnya terlebih dahulu.

Sebagai Anti inflamasi
Anti inflamasi adalah salah satu sifat buah mengkudu yang dapat mencegah peradangan. Selain itu anti inflamasi juga dapat menekan resiko terkena penyakit jantung.

Meningkatkan kekebalan tubuh
Radikal bebas termasuk sebagai ancaman bagi manusia saat ini. Kandungan buah mengkudu yang dapat meningkatkan imun tubuh yaitu mineral, vitamin, enzin dan lain sebagainya. Kandungan terbaik dalam mengkudu yang dapat meningkatkan sistem imun tubuh adalah vitamin C. Kandungan vitamin C dalam mengkudu memang cukup tinggi sehingga dapat meningkatkan kekebalan tubuh manusia agar tidak mudah terserang penyakit.

Mengkudu dapat mengobati diabetes
Mengkudu dapat  berperan sebagai obat untuk penderita diabetes. Zat proxeronine adalah zat yang berperan penting dalam mengobati diabetes baik itu diabetes kering maupun basah. Diabetes adalah penyakit yang sangat berbahaya apabila tidak mendapatkan penanganan secara serius maka dari itu penderita diabetes sebaiknya menjaga aktifitasnya agar jangan sampai terkena luka karena dampaknya akan menyebar dan luka tersebut akan membesar dan hanya amputasi sebagai penanganannya.

Mengkudu dapat Mengobati Batuk
Penyakit batuk adalah penyakit yang disebabkan oleh virus dan bakteri. Di dalam buah mengkudu terdapat zat yang dapat membunuh bakteri dan virus tersebut sehingga dapat meredakan penyakit batuk. 

Mengobati Bronkitis
Kandungan Anti bakteri yang ada di dalam buah mengkudu juga baik untuk mengobati penyakit brokitis. Bronkitis adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri maka dari itu dengan mengkonsumsi buah mengkudu secara rutin dapat mengobati bronkitis secara bertahap dan nantinya penyakit bronkitis akan sembuh total. Tentunya anjuran tersebut harus diikuti berbagai pengobatan lainnya serta menjaga pola hidup sehat.

Mengobati Sakit Gigi
Sakit gigi juga termasuk penyakit yang disebabkan oleh bakteri. Bakteri yang masuk kedalam lubang gigi dapat memberikan rasa yang begitu sakit. Konsumsi buah mengkudu ketika sakit gigi mengganggu dapat meredakan rasa sakitnya karena di dalam mengkudu terdapat zat anti bakteri yang dapat membunuh bakteri yang terdapat pada lubang gigi.

Mengkudu dapat Mengobati Tumor
Pada pendahuluan sudah dijelaskan bahwa mengkudu dapat menyembuhkan tumor terutama tumor jinak. Mengkudu yang dikonsumsi secara rutin oleh penderita tumor dapat memberikan dampak positif dengan mengecilnya tumor tesebut.

Mencegah Kanker
Penelitian para ahli membuktikan bahwa di dalam buah mengkudu terkandung senyawa yang mampu mencegah timbulnya kanker dalam tubuh. Senyawa tersebut bekerja untuk mencegah kerusakan sel dalam tubuh yang dapat menimbulkan kanker. Antioksidan yang tinggi dalam buah pace juga dapat menangkal radikal bebas yang cara kerjanya sama dengan senyawa tersebut yaitu membunuh sel kanker yang tumbuh dalam tubuh namun tanpa merusak fungsi sel lainnya.

Mengkudu dapat menjaga kesehatan Tulang
Zat metil dan morindone di dalam buah mengkudu adalah zat yang berperan penting untuk menjaga kesehatan tulang. Zat tersebut dapat menjaga menguatkan serta menjaga kepadatan tulang meskipun pada usia lanjut. Konsumsi mengkudu sangat dianjurkan untuk anda yang sudah mulai memasuki umur 40 karena ketika umur tersebut biasanya fungsi tulang sudah mulai berkurang.

Berikut tadi beberapa manfaat yang terdapat dalam buah mengkudu yang sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia. Bagikan pengetahuan ini kepada teman-teman anda yang membutuhkan agar ilmu ini dapat terus dapat berguna bagi orang-orang yang membutuhkan.

Terimakasih telah membaca!!!


Baca Juga:

Previous
Next Post »

Post Comment

1 komentar:

Write komentar
Tara
AUTHOR
10 Februari 2016 pukul 23.35 delete

Saya sudah tau kok khasiat mengkudu , hanya saja tidak suka dengan rasanya. Jadi saya milih konsumsi yang udah jadi suplemen aja. Nama barangnya royal noni

Reply
avatar