200+ Jenis Kelinci dan Harganya

200+ Jenis Kelinci dan Harganya
200+ Jenis Kelinci dan Harganya

200+ Jenis Kelinci dan Harganya – Kelinci adalah hewan mamalia yang banyak dipelihara untuk sekedar dijadikan hewan peliharaan maupun untuk diambil dagingnya. Kelucuan kelinci membuat banyak orang menjadikannya sebagai hewan peliharaan. Perbedaan antara kelinci peliharaan dan pedaging terletak pada bentuk tubuhnya. Kelinci peliharaan memiliki ukutan tubuh yang relatif lebih kecil daripada kelinci yang dimanfaatkan dagingnya untuk konsumsi. Terdapat berbagai jenis kelinci di Indonesia, namun rata-rata kelinci tersebut berasal dari mancanegara. Kelinci memiliki harga dari puluhan ribu hingga jutaan rupiah. Hal tersebut membuat banyak orang tergiur untuk membudidayakan kelinci.
Lihat: Cara Budidaya Kelinci yang Baik dan Benar

Jenis-jenis Kelinci Terpopuler


Kelinci Lop

200+ Jenis Kelinci dan Harganya
Kelinci Lop
Karakteristik yang sangat unik dari kelinci lop terletak pada bentuk kupingnya yang tidak sama dengan jenis kelinci pada umumnya. Kelinci lop memiliki daun telinga yang menggantung kebawah, tidak sama dengan jenis kelinci lain yang memiliki daun telinga yang tegak. Pada awal mula kelahiran kelinci lop tidak langsung memiliki daun telinga yang menggantung kebawah namun hal tersebut mulai terjadi ketika kelinci telah berumur 3-4 bulan. rentang waktu tersebut bukanlah patokan yang tepat karena kelinci lop memiliki berbagai varietas dan masing-masing berbeda. Kelinci lop memiliki harga yang beragam berkisar dari 100.000 hingga 4.500.000 rupiah.

Kelinci Rex

200+ Jenis Kelinci dan Harganya
Kelinci Rex
Kelinci rex adalah salah satu jenis kelinci pedaging yang memiliki ukuran tubuh yang cukup besar. Diduga kelinci rex berasal dari Prancis pada tahun 1919. Kelinci rex awal mulanya merupakan keturunan dari kelinci liar Prancis yang melakukan perkawinan silang. Kepopuleran kelinci rex bermula ketika kelinci ini diikut sertakan pada kontes kelinci yang diadakan di prancis pada tahun 1924. Keikutsertaan kelinci rex pada kontes tersebut membuat banyak orang tertarik. Sehingga sejak saat itu kelinci rex mulai di ekspor secara besar-besaran ke Amerika Serikat.

Kelinci rex memiliki beberapa varietas antara lain Dalmatian Rex, White Rex, Blu Rex, Pappilon Rex, Black Rex. Diantara jenis tersebut yang memiliki daya jual tertinggi adalah jenis white rex karena bulunya dijadikan sebagai nilai tambah untuk berbagai industry textile. Harga kelinci rex cukup beragam berkisar antara 100.000 hingga 5.000.000 rupiah.

Kelinci Anggora

200+ Jenis Kelinci dan Harganya
Kelinci Anggora

Salah satu jenis kelinci yang paling populer adalah jenis kelinci anggora. Kelinci ini merupakan salah satu jenis kelinci tertua karena pada mulanya kelinci ini ditemukan oleh pelaut inggris di daratan Turki pada abad ke 17. Namun ketenaran kelinci anggora baru dikenal dunia pada awal abad ke 19 melalui kontes kelinci yang diadakan di Jerman.

Berbeda dengan di Indonesia, kelinci anggora di Eropa dimanfaatkan bulunya sebagai bahan utama dalam pembuatan wol sedangkan di Indonesia hanya sebatas hewan peliharaan. Terlepas dari itu semua, kelinci anggora memiliki banyak varietas antara lain Satin Anggora, French Anggora, German Anggora dan Chinese anggora. Harga kelinci anggora di Indonesia cukup beragam berkisar antara 50.000 hingga yang termahal mencapai 3.000.000 rupiah bahkan lebih.

Kelinci Himalayan

200+ Jenis Kelinci dan Harganya
Kelinci Himalayan

Kelinci Himalayan memiliki ciri khas pada warna bulu di tubuhnya. Kelinci Himalayan memiliki warna dasar putih namun pada hidung, telinga, mulut, pergelangan hingga telapak kaki memiliki warna gelap antara coklat tua hingga hitam. Kelinci Himalayan aawal mulanya merupakan kelinci yang memiliki tubuh yang besar dengan bobot mencapai 4,5 kg dan sangat cocok untuk dijadikan kelinci pedaging. Namun saat ini karena banyaknya permintaan pasar untuk hewan peliharaan maka para breeder berinisiatif untuk membuat kelinci Himalayan yang berukuran lebih kecil. Maka dari itu kelinci Himalayan saat ini banyak yang berukuran mungil dengan bobot hanya sekitaran 1 kg. Harga kelinci ini berkisar antara 50.000 hingga 600.000 rupiah.

Flemish Giant Rabbit

200+ Jenis Kelinci dan Harganya
Flemish Giant Rabbit

Kelinci jenis ini merupakan salah satu kelinci fenomenal yang pernah ada. Kelinci Flemish giant pernah mendapatkan rekor dunia untuk kategori kelinci terbesar dengan bobot mencapai 22,23 kg. pada umumnya kelinci ini memiliki bobot rata-rata sekitar 13 kg namun bila diberikan pakan khusus kelinci Flemish giant dapat mencapai bobot yang luar biasa besar.

Eropa memang tepat dijadikan benua sentra kelinci. Bagaimana tidak, kelinci Flemish giant pertama kali ditemukan di Amerika Selatan tepatnya di Argentina pada abad ke 18 kelinci ini dibawa ke eropa oleh pelaut zaman dahulu. Sejak saat itu kelinci Flemish giant dibudidayakan di eropa untuk dijadikan kelinci pedaging karena bobotnya yang sangat mendukung. Kelinci Flemish giant di Indonesia di hargai sekitar 50.000 hingga 2.500.000 rupiah.

Kelinci Lion
200+ Jenis Kelinci dan Harganya
Kelinci Lion

Sesuai dengan namanya kelinci lion memiliki bulu yang tebal yang berwarna kuning keemasan hingga coklat muda yang membuatnya mirip dengan singa si raja hutan. Selain itu bagian leher kelinci lion juga ditumbuhi bulu yang lebih tebal dari bagian lainnya. Pada mulanya kelinci lion merupakan keturunan dari kelinci anggora inggris yang menyimpang dari indukannya. Penyimpangan tersebut lantas menciptakan kelinci dengan varietas sendiri yang unik. Kelinci lion banyak dijadikan sebagai kelinci peliharaan karena  ukuran tubuhnya tidak sebesar kelinci pedaging. Harga kelinci ini berkisar antara 50.000 hingga 700.000 rupiah.

Kelinci Belanda

200+ Jenis Kelinci dan Harganya
Dutch Rabbit

Kelinci belanda atau lebih terkenalnya disebut sebagai kelinci Dutch ini adalah kelinci yang berasal dari Belanda. Ciri khas dari kelinci ini adalah pada ukuran bulunya yang pendek dan tipis. Bulu kelinci dutch memiliki perpaduan dari beragam warna dari coklat, abu-abu, hitam, putih dan lain sebagainya.  Di Indonesia kelinci dutch banyak dibudidayakan oleh para breeder karena kelinci ini lebih menguntungkan. Kelinci dutch dalam sekali perkawinannya mampu menghasilkan 7-8 ekor anakan. Kelinci dutch selain dimanfaatkan sebagai hewan peliharaan juga dimanfaatkan sebagai kelinci pedaging. Harga kelinci dutch berkisar antara 50.000 hingga 2.000.000 rupiah.

Netherland Dwarf Rabbit

200+ Jenis Kelinci dan Harganya
Netherland Dwarf
Kelinci Netherland Dwarf merupakan kelinci yang berasal dari Belanda. Kelinci ini ditemukan pertama kali pada tahun 1940 dan dikembangkan ilmuawan belanda serta disebarkan ke berbagai Negara di dunia termasuk Indonesia. Kelinci Netherland Dwarf memiliki bentuk yang mungil karena tubuh kelinci ini bobotnya tidak melebihi 1 kg. Ciri khas lain yang dapat ditemukan pada kelinci ini terletak pada kepalanya yang bulat serta lehernya yang pendek. Kelinci jenis ini termasuk jenis kelinci peliharaan. Harga kelinci ini di Indonesia berkisar antara 50.000 hingga 1.000.000 rupiah.

Kelinci New Zealand

200+ Jenis Kelinci dan Harganya
New Zealand Rabbit

Kelinci ini adalah salah satu kelinci yang populer di dunia. Kelinci ini berasal dari New Zealand sebuah Negara bagian di Australia. Kelinci ini sudah diekspor ke berbagai Negara di dunia dan salah satu Negara tujuan ekspor tersesar adalah Amerika.

Kelinci New Zealand meruipakan kelinci konsumsi. Bobot tubuh kelinci ini mencapai 5 kg bahkan lebih. Kelinci New Zealand memiliki berbagai variasi warna antara lain hitam, putih dan coklat. Kelinci New Zealand di indonesia di hargai sekitar 50.000 hingga 500.000 rupiah.

Kelinci American Chinchilla

200+ Jenis Kelinci dan Harganya
Kelinci American Chinchilla

Kelinci Chinchilla merupakan kelinci dengan tubuh mungil selanjutnya yang berasal dari Amerika. Sebenarnya kelinci ini memiliki ukuran tubuh yang bervariatif karena tidak semua jenis kelinci American Chinchilla tidak semuanya berukuran mungil bahkan ada yang memiliki tubuh yang besar hingga raksasa. Berbagai ukuran tubuh tersebut dihasilkan dari perkawinan silang antara jenis kelinci. Kelinci American Chinchilla raksasa merupakan hasil dari  perkawinan silang antara Standart Chincilla dan Flemish Giant. Kelinci jenis ini memiliki harga berkisar antara 50.000 hingga 700.000 rupiah.

Berikut tadi adalah ulasan tentang jenis kelinci beserta harganya. Jenis kelinci yang telah disebutkan diatas adalah jenis kelinci yang paling populer di dunia. Harga kelinci tersebut memang cukup beragam berdasarkan jenisnya. Namun harga yang telah admin sebutkan adalah harga perkiraan saja dan tidak sam persis dengan harga di pasaran.
Nah semoga tulisan ini dapat bermanfaat untuk anda dan mungkin dapat dijadikan referensi tentang memilih kelinci yang akan anda budidayakan dirumah. Apabila artikel ini bemanfaat mohon bagikan ke rekan serta kerabat anda!
Semoga bermanfaat dan terimakasih telah membaca!!!
Previous
Next Post »

Post Comment