Sukses Budidaya Cara Menanam Melon Organik di Pot


Panduan Sukses Cara Menanam Melon Organik di Pot
Panduan Sukses Cara Menanam Melon Organik di Pot

Panduan Sukses Cara Menanam Melon Organik di Pot – Melon adalah Tanaman Buah yang termasuk dalam keluarga labu-labuan atau Cucurbitaceae. Melon merupakan buah yang memiliki daging buah yang manis dan segar. Tanaman melon merambat namun tidak memanjat dengan bentuk daun yang menjari. Melon adalah salah satu buah yang memiliki permintaan yang tinggi. Oleh karena itu saat ini budidaya melon banyak dilakukan oleh petani di berbagai daerah di Indonesia.

Buah melon di Indonesia banyak ditanam secara konvensional pada lahan luas. Menanam melon secara organik memang belum banyak diusahakan oleh petani namun tanaman melon banyak ditanam dirumah sebagai penghias halaman rumah. Menanam melon dirumah secara organik dapat mendatangkan beberapa manfaat antara lain, tanaman melon dapat digunakan sebagai penghias halaman dan yang terpenting untuk mengkonsumsi melon organik tidak perlu beli mahal-mahal di supermarket karena dihalaman rumah sudah tersedia. Menanam Melon Organik di pot memang tidaklah sulit dan hanya membutuhkan ketelatenan.


Teknik Budidaya Melon Organik di Pot

Syarat Tumbuh Melon

  • Melon dapat tumbuh dan berbuah dengan baik pada ketinggian antara 200-800 mdpl
  • Curah hujan 1400-2500 mm/th
  • Kelembaban udara 60-70%
  • Jenis tanah yang baik adalah liat berpasir yang mengandung banyak bahan organik

Persiapan dan Penyeleksian Benih

Pertama-tama belilah bibit di berbagai toko pertanian rata-rata benih yang dijual saat ini sudah berkualitas dan tidak rentan terhadap hama dan penyakit. Setelah benih didapat rendam bibit melon pada air selama 12 jam. Benih yang baik hanyalah benih yang tenggelam dan tidak mengapung. Selanjutnya benih ditiriskan dari air rendaman dan diletakkan pada ruangan yang lembab dan gelap menggunakan alas kain yang telah dibasahi.

Persiapan Media Tanam

Menanam melon dipot secara organik memerlukan media tanam yang juga organik. Dalam membuat media tanaman organik haruslah tepat. Bahan-bahan yang diperlukan adalah tanah andosol, kompos dan arang sekam dengan perbandingan 2:1:1 lalu aduk secara merata dengan dicampur pupuk zpt organik.

Penanaman Bibit Melon

Bibit melon dapat ditanam ketika telah berumur 2 minggu dan telah memiliki 3-4 helai daun muda. Agar tanaman dapat terjaga kelembabanya penanaman dilakukan pada sore hari dan sebelum ditanam kedalam pot media tanam harus disiram dengan air secukupnya. Masukkan bibit kedalam pot dan upayakan agar akar dapat berdiri tegak.

Pemeliharaan Tanaman

Pemasangan Ajir
Ketika tanaman telah menampakan pertumbuhan rambatannya maka hal yang harus dilakukan adalah memasang ajir tanaman. Pemasangan ajir tanaman selain untuk menopang pertumbuhan cabang tanaman juga dapat mempercantik bentuk tanaman. Ajir yang dipasang bisa menggunakan bambu yang telah dipotong. Potong bambu dengan panjang 1,5 meter.

Pemangkasan Tanaman
Pemangkasan tanaman bertujuan agar nutrisi untuk pertumbuhan calon buah dapat terfokus hanya pada buah tersebut. lakukanlah pemangkasan pada cabang ke 8-12 karena pada cabang ke 6-7 biasanya buah akan tumbuh.

Pemupukan
Lakukan pemupukan dengan mengaplikasikan pupuk kompos dan ZPT organik sebagai perangsang pertumbuhan buah. Pemupukan dilakukan pada minggu ke 3 setelah tanam dengan dosis pemupukan kira-kira satu genggam kompos dan 100 ml cairan ZPT organik yang telah dicampurkan air.

Pengendalian Hama dan Penyakit
Melon memang termasuk salah satu tanaman buah yang memiliki kerentanan terhadap hama dan penyakit. Namun dengan menanam melon pada pot jelas akan menurunkan tingkat serangan tersebut asalkan dalam persiapan bibit dan media tanam dilakukan dengan hati-hati. Hama yang biasa menyerang melon adalah ulat daun, tungau dan aphids sedangkan penyakit yang berpotensi menyerang melon antara lain layu fusarium, busuk daun dan embun tepung. Hama dan penyakit yang disebutkan diatas adalah hama yang biasa menyerang melon pada budidaya melon secara kovensional namun juga berpotensi menyerang melon yang anda tanam di pot. Jika hama dan penyakit tersebut menyerang anda dapat melakukan pengendalian hama secara manual namun apabila telah mewabah segera aplikasikan pestisida nabati.

 

Pemanenan

Buah melon yang sudah dapat dipetik adalah buah melon yang sudah matang secara keseluruhan. Melon dapat dipanen setelah 3 bulan dari saat penanaman. Cara memetik buah melon adalah dengan cara memotong tangkai buah sekitar 3cm dari buah.

Previous
Next Post »

Post Comment