101 Manfaat Susu Kambing untuk Kesehatan


101 Manfaat Susu Kambing untuk Kesehatan
101 Manfaat Susu Kambing untuk Kesehatan

101 Manfaat Susu Kambing untuk Kesehatan – Susu kambing, mungkin memang tak setenar saudaranya si sapi namun tahukah anda fakta menyebutkan bahwa susu kambing memiliki manfaat lebih ketimbang susu sapi. Menurut tingkatannya manfaat susu kambing berada dibawah ASI. Oleh sebab itu konsumsi susu kambing untuk anak bayi sangat baik karena kandungannya yang nyaris sama dengan ASI. 
Menurut banyak penelitian jenis susu kambing yang paling baik adalah susu kambing ettawa. Susu kambing etawa sendiri memiliki kandungan gizi yang sangat baik bagi tubuh manusia. beberapa kandungan yang ada didalam susu kambing etawa adalah lemak (baik), protein serta kaya akan mineral dan vitamin.

Berikut kami sajikan kandungan gizi yang terdapat pada susu kambing.


Kandungan Gizi Susu Kambing
lemak %
3,6 %
padatan bukan lemak %
9,0 %
laktosa %
4,7 %
nitrogen %
3,2 %
protein %
3,0 %
kasein %
2,6 %
kalsium %
0,18 %
posfor  %
0,23 %
klorida %
0,10 %
besi (P/100, 000)
0,08
vitamin A (i.u. / g lemak)
21,0
vitamin B (ug/100 m)
45,0
riboflavin (ug/100ml)
159,0
vitamin C (mg asc a/100ml)
2,0
vitamin D (i.u. / g lemak)
0,7
kalori / 100 ml
69,0

Susu kambing sebenarnya sudah terkenal akan manfaatnya sejak dahulu kala. Fakta membuktikan bahwa kebiasaan mengkonsumsi susu kambing telah dilakukan sejak 1000 tahun lebih di daerah timur tengah. Meskipun begitu susu kambing baru banyak dikenal banyak kalangan pada awal abad ke 20. Itu di sebabkan popularitas susu sapi yang terlebih dahulu membungkam otak kita. Namun sekarang mata kita terbuka akan manfaat susu kambing yang sejak dahulu sudah dikenal orang timur tengah akan manfaatnya.
Beberapa manfaat susu kambing bagi kesehatan adalah sebagai berikut.

Susu kambing dapat menyehatkan jantung

101 Manfaat Susu Kambing untuk Kesehatan
susu kambing yang menyehatkan jantung

Konsumsi susu kambing secara rutin dapat menjaga kesehatan jantung. Kita ketahui bahwa jantung adalah salah satu organ yang penting didalam tubuh kita. Jantung berfungsi sebagai pemompa darah keseluruh tubuh, apabila peredaran darah kita tidak lancar yang timbul adalah berbagai macam penyakit diantaranya adalah stroke. Namun dengan mengkonsumsi susu kambing secara rutin kita dapat menjaga jantung kita agar tetap sehat. Hal itu karena dalam susu kambing terdapat zat yang dapat melancarkan peredaran darah dan mampu membantu jantung untuk memompa darah keseluruh tubuh dengan baik.

Susu kambing dapat melancarkan sistem pencernaan

Beberapa penyakit yang banyak diakibatkan karena sistem pencernaan terganggu antara lain sembelit, konstipasi, wasir dan lain lain. Dengan kita mengkonsumsi susu kambing secara rutin maka muculnya penyakit tersebut akan diminimalisirkan karena didalam susu kambing terdapat zat alkali yang dapat membantu kita melancarkan sistem pencernaan yang terganggu.

Membantu menurunkan berat badan

101 Manfaat Susu Kambing untuk Kesehatan
susu kambing mampu menurunkan berat badan

Susu kambing dikenal sebagai susu rendah lemak selain susu nabati kedelai. Susu kambing dapat membantu orang-orang yang sedang melakukan program diet. Dengan mengkonsumsi susu kambing maka lemak ditubuh akan cepat hilang. Namun usaha tersebut harus diimbangi dengan olahraga yang baik seperti fitness agar tubuh langsing yang diidam-idamkan cepat diperoleh.

Susu kambing membantu menguatkan tulang

101 Manfaat Susu Kambing untuk Kesehatan
susu kambing menyehatkan tulang

 

Siapa yang tidak mau punya tulang yang sehat dan kuat. Hal ini dapat kita dapat dengan mengkonsumsi susu kambing. Susu kambing kaya akan kalsium didalamnya yang dapat membantu kita menyehatkan tulang. Untuk lansia susu kambing sangat baik dikonsumsi secara rutin agar kesehatan tulang tetap terjaga.

Susu kambing dapat menambah energi

Susu kambing sangat baik dikonsumsi bagi orang-orang yang cepat merasa lelah, letih, lesu. Didalam susu kambing terkandung riboflavin yang berguna sebagai penambah energi dan daya tahan tubuh. Saat melakukan pekerjaan berat, konsumsi susu kambing dapat membantu menambah energi agar tubuh tetap sehat dan tidak lesu.
Previous
Next Post »

Post Comment