Pengertian dan Jenis-jenis Tanaman Pangan dan Hortikultura Terlengkap

Pengertian dan Jenis-jenis Tanaman Pangan dan Hortikultura Terlengkap

Pengertian Tanaman Pangan dan Hortikultura - Kita ketahui bahwa Indonesia adalah negara Agraris yang cukup besar dengan berbagai komoditi yang ditanam baik dari tanaman pangan, tanaman perkebunan maupun hortikultura. Mungkin anda masih ada yang kebingungan tentang pengertian dari tanaman pangan ataupun hortikultura? jangan khawatir pada pertemuan kali ini admin akan mengupass tuntas semuanya agar sobat dapat paham tentang dua jenis komoditi pertanian tersebut.

Pengertian Tanaman Pangan

Tanaman pangan adalah segala jenis tanaman yang di dalamnya terdapat karbohidrat dan protein sebagai sumber energi manusia. Tanaman pangan juga dapat dikatakan sebagai tanaman utama yang dikonsumsi manusia sebagai makanan untuk memberikan asupan energi bagi tubuh. Umumnya tanaman pangan adalah tanaman yang tumbuh dalam waktu semusim.

Jenis tanaman pangan

Tanaman pangan memiliki beragam jenis antara lain adalah sebagai berikut:

1.   Serealia
Serealia adalah sekelompok tanaman yang ditanam untuk dipanen dan dimanfaatkan bijinya atau sebagai sumber karbohidrat. Sebagian besar serealia termasuk dalam anggota suku padi-padian yang biasa disebut sebagai serealia sejati. Tanaman serealia yang banyak dikonsumsi manusia antara lain, padi, jagung, gandum, gandum durum, jelai, haver, dan gandum hitam. 

2.   Biji-bijian
Biji-bijian adalah segala tanaman penghasil biji-bijian yang didalamnya terkandung karbohidrat dan protein. Tanaman biji-bijian yang sering kita konsumsi antara lain seperti kedelai, kacang tanah dan kacang hijau.

3.   Umbi-umbian
Tanaman pangan selanjutnya berasal dari jenis umbi-umbian. Tanaman umbi-umbian adalah tanaman yang ditanam untuk dipanen umbinya karena di dalam umbi terdapat kandungan karbohidrat untuk sumber nutrisi bagi tubuh. Tanaman umbi-umbian yang biasa dimanfaatkan manusia antara lain seperti ubi kayu (singkong), ubi jalar (muntul), talas, wortel, kentang, ganyong dan sebagainya.

4.   Jenis tanaman lainnya
Selain ketiga jenis tanaman pangan yang telah disebutkan diatas. Tanaman pangan juga ternyata ada yang terdapat diluar ketiga jenis tersebut seperti sagu yang diambil batangnya dan sukun yang merupakan buah.

Pengertian Hortikultura

Hortikultura pada dasarnya berasal dari bahasa Latin yaitu hortus yang berarti tanaman kebun dan cultura yang artinya budidaya. Jika digabungkan dari kedua suku kata tersebut, tanaman hortikultura adalah budidaya tanaman perkebunan. Namun pengertian tersebut belum menggambarkan hortikultura yang sebenarnya. Oleh karena itu kemudian hortikultura dalam perkembangannya digunakan secara lebih luas bukan hanya untuk budidaya di kebun. Jadi dapat diartikan, hortikultura merupakan salah satu cabang dari agronomi namun sedikit berbeda dengan agronomi, karena hortikultura memfokuskan pada budidaya tanaman buah, tanaman bunga atau tanaman hias, tanaman sayuran, dan tanaman obat-obatan. Ciri yang lekat pada tanaman hortikultura adalah produknya yang bersifat perisabel atau mudah rusak karena segar.

Jenis-jenis tanaman hortikultura

Adapun jenis-jenis dari tanaman hortikultura antara lain sebagai berikut:

1.   Tanaman Buah
Tanaman buah adalah segala bentuk tanaman yang ditanam dan dipanen untuk diambil buahnya. Tanaman ini merupakan tanaman yang musiman karena tidak setiap kali berbuah namun pohonnya dapat hidup belasan hingga puluhan tahun sampai mengalami fase penurunan kualitas dan kuantitas produksi buahnya. Selain itu juga ada jenis tanaman buah yang hanya dapat berbuah sekali dalam periode hidup tanaman tersebut seperti semangka dan melon. Jenis-jenis tanaman buah antara lain seperti jeruk, apel, mangga, durian, kelengkeng, anggur, lemon, semangka, duku dan lain sebagainya.

2.   Tanaman Hias
Tanaman hias merupakan komoditi tanaman yang bukan untuk dikonsumsi hasilnya melainkan untuk diambil keunikan dan keindahannya. Tanaman hias terbagi menjadi beberapa jenis seperti tanaman hias bunga, tanaman hias daun dan tanaman hias batang.

a.   Tanaman hias bunga
Tanaman hias bunga adalah tanaman hias yang memiliki keindahan ataupun keunikan pada bunganya. Tanaman hias bunga antara lain mawar, anggrek, melati, kamboja dan sebagainya.

Tanaman hias daun adalah tanaman hias yang keindahannya terdapat pada bentuk daun yang unik dan indah baik ditinjau dari segi warna, corak maupun bentuknya. Tanaman hias daun antara lain adalah anthurium, aglonema, puring, bougenville dan sebagainya.

c.   Tanaman hias batang
Tanaman hias batang adalah tanaman hias yang nilai estetikanya terdapat pada batangnya yang unik serta berbeda dari tanaman jenis lainnya. Tanaman hias batang antara lain seperti bonsai, kaktus mini, beberapa jenis bambu dan sebagainya.

3.   Tanaman Sayuran
Sayuran merupakan bahan pangan yang berasal dari tumbuhan yang sebagian besar mengandung kadar air yang tinggi dan dikonsumsi baik dalam keadaan segar maupun setelah diolah secara minimal. Jenis-jenis sayuran antara lain seperti kangkung, sawi, bayam, tomat, seledri, dan sebagainya.

4.   Tanaman Obat-Obatan
Tanaman obat-obatan adalah segala tanaman baik berupa umbi, biji, daun dan sebagainya yang dapat dimanfaatkan untuk mengobati penyakit maupun menjaga stamina tubuh. Tanaman obat saat ini telah berkembang di masyarakat dengan banyaknya dibangun tanaman obat keluarga atau biasa disingkat dengan TOGA. Terdapat banyak jenis tanaman yang dapat dijadikan sebagai obat antara lain seperti jahe, kunyit, daun dewa, daun sirsak, daun sirih dan sebagainya.

Itulah sobat artikel tentang Pengertian dan Jenis-jenis Tanaman Pangan dan Hortikultura yang telah kita bahas secara jelas dan terperinci. Semoga artikel ini dapat membantu dan semoga sukses.
Previous
Next Post »

Post Comment

2 komentar

Write komentar
Unknown
AUTHOR
25 Januari 2016 pukul 23.35 delete

bagus informasinya izin sedot ya buat tugas

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
26 Januari 2016 pukul 20.24 delete

iya sama-sama mas. semoga bermanfaat

Reply
avatar