Mengenal Jenis Buah Durian Musang King

Mengenal Jenis Buah Durian Musang King - Buah durian konon katanya adalah "the king of fruits" atau rajanya buah. Tapi bagaimana jika durian masih punya raja lagi. Anda pasti bingung kan? Salah satu jenis dari buah durian adalah durian musang king. Jika kita mendengar namanya saja sudah menakutkan sekali. Namun sangat berbeda dengan namanya yang aneh dan sedikit mengerikan, ternyata rasa dari buah durian yang satu ini dianggap mengalahkan rasa dari jenis buah durian lainnya seperti durian montong, durian lampung dan sebagainya.

Mengenal Jenis Buah Durian Musang King
Durian Musang King

Sejarah Durian Musang King

Durian musang king merupakan buah durian yang berasal dari negara tetangga kita yaitu Malaysia. Buah ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 1990 di kelantan, Malaysia. Masyarakat kelantan menyebutnya buah durian ini dengan sebutan musang king atau yang artinya raja kucing. Sebenarnya tidak jelas mengapa buah ini disebut dengan musang king. Sedangkan buah durian musang king ini pertama kali di daftarkan sebagai varietas unggul ke permerintah malaysia pada tahun 1993.

Sedangkan di Indonesia buah durian musang king pertama kali masuk ke Indonesia dari Pekanbaru. Pada tahun 2000 ditemukan beberapa tanaman yang telah ditanam yang diduga merupakan tanaman buah durian musang king. Dan baru pada tahun 2003 saat majalah Trubus memuat ulasan tentang durian musang king di halamannya barulah perkebunan besar di Indonesia mulai menanam durian ini. Sejak saat itu ketenaran buah durian musang king mulai dikenal di tanah air secara luas dan mulai banyak dijual di pasar swalayan. Hal itu menjadi hal positif untuk para pecinta buah durian karena tidak perlu sulit-sulit ke Malaysia untuk menikmati buah yang satu ini.

Harga Durian Musang King

Durian Musang King memang hingga saat ini banyak yang menganggapnya sebagai buah durian nomor satu mengalahkan durian montong dan durian merah. Buah ini memiliki daging yang berwarna kuning, daging buah yang tebal, rasa manis dan sedikit pahit serta biji yang kempes. Buah durian musang king dipasar indonesia dihargai sekitar Rp.50.000 sampai Rp.100.000 per bijinya. Namun harga itu bisa merosot tajam ketika panen raya yang hanya sebesar paling mahal Rp. 40.000 per bijinya.

Bagaimana? apakah anda tertarik untuk mencicipi buah durian musang king yang terkenal dengan raja dari raja buah ini. Pasti anda penasaran kan? Nah dari pada penasaran mending langsung mencoba!!




Previous
Next Post »

Post Comment