Jenis-jenis Tanaman Herbal untuk Obat Diabetes

Ilustrasi Penyakit Diabetes

Jenis-jenis Tanaman Herbal untuk Obat Diabetes – Diabetes atau yang biasa orang Indonesia kenal dengan sebutan kencing manis merupakan jenis penyakit yang disebabkan kurangnya insulin pada tubuh. Insulin sangat dibutuhkan tubuh untuk merubah glukosa menjadi energi. Kadar gula yang terlalu tinggi di dalam darah akan sulit dipecah karena kurangnya insulin dalam tubuh dan akan mengakibatkan penumpukan zat gula darah yang akan berakibat timbulnya diabetes.

Alangkah baiknya anda mengenali apa itu penyakit diabetes sejak dini agar diabetes dapat dicegah sejak dini. Salah satu cara untuk memastikan ada tidaknya penyakit diabetes di tubuh anda yaitu dengan cara memeriksakan kadar gula darah di dalam tubuh anda. Pemeriksaan semacam itu biasanya dapat dilakukan di rumah sakit.

Saat ini diabetes telah menjadi momok yang menakutkan bagi kebanyakan orang karena sudah banyak orang yang meninggal akibat penyakit tersebut. Maka dari itu saat ini banyak sekali metode pengobatan yang digunakan untuk mengobati penyakit diabetes dari pengobatan medis atau kedokteran hingga pengobatan herbal.

Pada ulasan kali ini seputarpertanian akan membahas tentang bagaimana mengobati diabetes dengan tanaman herbal. Cara ini merupakan alternatif yang banyak digunakan karena sebagian orang beranggapan bahwa pengobatan dengan menggunakan tanaman herbal dinilai lebih murah dan manfaatnya tidak kalah dengan pengobatan medis.

Beberapa jenis tanaman herbal memang dapat mencegah hingga mengobati penyakit diabetes namun harus dipadukan dengan pola hidup serta pola makan yang baik pula. Tanaman obat herbal sejatinya memiliki manfaat yang sama dengan insulin selain itu tanaman herbal dapat membantu tubuh untuk membentuk jaringan sel yang telah rusak akibat serangan diabetes yang tujuan akhirnya untuk menurunkan kadar gula dalam darah.

Tanaman herbal yang digunakan sebenarnya sangat banyak sekali disekitar anda. berikut ini beberapa jenis tanaman herbal yang dapat anda gunakan untuk mengobati diabetes, antara lain:


Brotowali
Brotowali merupakan jenis tanaman herbal yang memang sangat banyak digunakan sebagai alternatif pengobatan diabetes. Selain itu brotowali juga dapat digunakan sebagai pereda demam dan penghilang rasa sakit.

Cara mengobati diabetes dengan brotowali sangat mudah. Siapkan batang brotowali yang masih segar dan cabut batang tersebut pisahkan dari bagian tanaman lainnya. batang yang akan digunakan sekitar 6 cm saja. Setelah itu cuci batang hingga bersih dan potong-potong batang menjadi bagian-bagian kecil. Selanjutnya tambahkan sambiloto satu genggam dan rebus dengan 5 gelas air panas. Setelah itu tunggu  hingga mendidih hingga air menyusut menjadi 3 gelas. Tunggu hingga dingin lalu minum.

Lidah Buaya
Selain sebagai produk kecantikan, lidah buaya memiliki banyak manfaat salah satunya untuk mengobati diabetes. Caranya yaitu siapkan beberapa batang lidah buaya lalu potong menjadi beberapa bagian dan kemudian direbus dengan tiga gelas air. Setelah itu tunggu hingga mendidih sampai volume air menyusut setengahnya. Minumlah air rebusan lidah buaya sebanyak 3 gelas sehari setelah makan.

Teh Hijau
Teh hijau merupakan jenis teh yang paling terkenal di berbagai Negara di dunia. Teh hijau berasal dari daratan Asia Timur dan dahulu pertama kali populer adalah di jepang sampai-sampai teh hijau dijadikan sebagai kebiasaan. Teh hijau dapat digunakan untuk mencegah hingga mengobati diabetes.

Caranya sangat mudah yaitu dengan menyeduh teh hijau tanpa dicampur gula setiap sehabis makan. Tips menyeduh teh hijau adalah dengan cara membuka teh hijau dari kantong celupnya agar kandungan yang ada di dalam teh hijau dapat dimanfaatkan dengan sempurna.
Baca Juga: Manfaat Teh Hijau Lainnya


Buah Noni atau Buah Mengkudu
Mengkudu merupakan jenis tanaman herbal yang sudah banyak orang kenal sejak dahulu kala. Buah noni memiliki karakteristik pada aromanya yang kurang sedap serta bentuknya yang bulat agak lonjong dengan disertai bentol-bentol pada permukaan kulitnya.

Cara mengobati diabetes dengan menggunakan mengkudu adalah dengan cara meminumnya dalam bentuk jus dan sebagainya. Mengkonsumsi buah noni setiap hari, selain untuk mencegah timbulnya diabetes juga dapat mengobati diabetes di dalam tubuh. Manfaat Mengkudu untuk Kecantikan

Mahkota Dewa
Mahkota dewa adalah jenis tanaman herbal selanjutnya. Mahkota Dewa memiliki khasiat diantaranya untuk mengobati sakit kuli, peradangan dan obat disentri. Cara membuatnya yaitu dengan menggunakan irisan buah mahkota dewa dan dicampur dengan segelas air. Campurkan rebusan tersebut dengan menggunakan air sebanyak 200 ml. minumlah ramuan ini paling tidak 2 kali sehari untuk  hasil yang paling maksimal.

Pare
Pare adalah tanaman sayuran yang memiliki rasa yang pahit namun banyak digemari. Di dalam buah pare terdapat zat senyawa yang sangat berguna untuk merangsang pertumbuhan sel beta pancreas. Caranya sangat mudah yaitu dengan cara membuat jus pare. Minum jus pare setiap hari setiap sehabis makan.


Itulah beberapa jenis-jenis tanaman herbal untuk mengobati diabetes yang mungkin masih banyak orang yang belm tahu. Apabila artikel ini bermanfaat mohon bagikan kerekan-rekan anda.
Terima kasih telah membaca!!!


Previous
Next Post »

Post Comment

1 komentar:

Write komentar