Bunga Melati | Kenali Manfaatnya untuk Kesehatan


Bunga Melati | Kenali Manfaatnya untuk  Kesehatan
Bunga Melati | Kenali Manfaatnya untuk  Kesehatan
Bunga Melati | Kenali Manfaatnya untuk  Kesehatan – Melati atau Jasminum sambac Air adalah jenis tanaman hias  yang banyak digemari masyarakat. Diperkirakan terdapat  sekitar 200 spesies bunga melati yang ada di Australia dan Oceania. Di Indonesia melati banyak dibudidayakan karena aromanya yang khas yang dapat digunakan sebagai penghias halaman. Jenis melati yang paling populer di Indonesia adalah jenis melati putih atau Jasminum sambac. Ciri ciri bunga melati putih terletak pada bunganya yang berwarna putih  bersih dan dianggap sebagai lambang kesucian.

Bunga melati sendiri memiliki berbagai manfaat antara lain digunakan sebagai taburan bunga di berbagai acara, dijadikan parfum, sebagai bahan tambahan pembuatan teh. Bukan  hanya itu saja, melati juga memiliki berbagai manfaat yang belum anda ketahui selama ini. Selengkapnya  tentang manfaat melati akan di bahas pada ulasan berikut  ini.


Menurunkan Demam
Demam pada tubuh biasanya disebabkan oleh virus ataupun daya tahan tubuh yang melemah. Apabila terjadi demam pada anda bunga melati dapat dijadikan solusi sebagai obat penurun demam. Caranya adalah mengekstraksi bagian akar melati.  Kandungan akar melati berfungsi sebagai penurun demam pada tubuh.

Mengobati Sakit Mata
Bunga melati memiliki kegunaan  sebagai obat untuk sakit mata. Gangguan mata seperti mata memerah atau  iritasi dapat diobati dengan menggunakan melati. Caranya  pun sangat mudah , pertama siapkan segengam bunga melati lalu remas hingga galus  setelah itu letakkan di atas  mata  tepatnya di dahi. Ketika bunga melati telah kering anda dapat menggantinya dengan yang baru.

Menurunkan Berat Badan
Berat badan yang berlebih jelas menjadi masalah bagi seseorang. Untuk  anda yang kehabisan ide untuk menurunkan berat badan mungkin anda dapat menggunakan melati  sebagai salah satu alternatifnya. Caranya campurkan bunga melati yang telah dibersihkan kedalam teh hijau. Apabila anda tidak mau repot, anda dapat membeli produk teh hijau  yang memiliki kandungan melati di dalamnya. Menurukan Berat Badan dengan Jahe Merah


Kandungan antioksidan dan EGCG yang ada di dalam bunga melati dapat membantu mempercepat pembakaran lemak dalam tubuh. Untuk mempercepat proses pembakaran sebaiknya lakukan olahraga secara rutin.

Mempercantik  Kulit
Cara mempercantik kulit dengan bunga melati adalah dengan cara menjadikannya sebagai  masker. Caranya siapkan ¼ kg bunga melati dan juga olive oil lalu haluskan bunga mawar dan campur dengan olive oil tersebut  setelah halus masker sudah jadi anda  tinggal mengoleskannya  pada tubuh  anda. selanjutnya tunggu hingga mengering sekitar 30-45 menit lalu bersihkan dan bilas menggunakan air bersih. Lakukan hal tersebut paling tidak 2 kali dalam seminggu maka anda akan mendapatkan kulit yang  lebih indah dari sebelumnya. Mempercantik Kulit dengan Jeruk Nipis

Mencegah Penuaan Dini
Kandungan radikal bebas yang terdapat di dalam bunga melati dipercaya dapat menghambat serta mencegah penuaan dini.  Caranya  anda hanya harus meminum teh bunga melati secara rutin.

Menurunkan Kolesterol Jahat
Kolesterol jahat atau LDL merupakan penyebab penyumbatan darah di pembuluh darah. Darah yang tersumbat tersebut akan menimbulkan berbagai penyakit yang lebih  menakutkan antara lain adalah stroke. Konsumsi teh bunga melati secara rutin dapat menurunkan kadar LDL dalam darah sehingga resiko ancaman berbagai penyakit dapat di minimalisirkan.

Menurunkan Stress
Pikiran yang stress  akibat berbagai keadaan dapat membuat seseorang semakin menderita. Stress pada dasarnya timbul dari diri sendiri karena tekanan dari luar  tubuh.  Pada umumnya stress hanya bisa diobati dengan cara menyelesaikan permasalahan yang sedang dihadapi. Namun untuk menghindari stress dan agar pikiran dapat berfikir dengan baik maka tidak ada salahnya  untuk meminum teh bunga melati secara rutin untuk  menurunkan tingkat  stress pada otak  anda. aroma melati yang menenangkan  dianggap mampu mengurangi penderita stress dapat lebih baik.

Itulah beberapa manfaat bunga melati yang mungkin dapat menjadi referensi untuk anda. semoga bermanfaat dan terimakasih telah membaca!!!

Previous
Next Post »

Post Comment