35 Jenis Durian Terbaik di Indonesia yang Cepat Berbuah

35 Jenis Durian Terbaik di Indonesia yang Cepat Berbuah

35 Jenis Durian Terbaik yang Cepat Berbuah di Indonesia yang Cepat Berbuah - Buah durian atau biasa disebut duren merupakan rajanya buah karena rasa dan aromanya yang tajam maka dari itu tak heran banyak orang yang sangat menggemari buah yang satu ini. Bahkan banyak orang yang rela mengeluarkan uang lebih banyak untuk mendapatkan buah durian yang berkualitas. Namun dibalik rasanya yang nikmat ternyata hal itu tak semudah menanamnya sampai pohon durian menghasilkan buah. Jika pada pertemuan sebelumnya admin telah memberikan informasi tentang cara menanam buah durian agar cepat berbuah, maka pada pertemuan kali ini admin akan memberikan informasi tentang jenis-jenis buah durian berkualitas yang memiliki waktu berbuah lebih cepat. Mari simak informasinya di bawah ini.

Jenis Durian yang Cepat Berbuah

1.   Durian Montong
Durian montong merupakan jenis durian yang berasal dari Thailand. Mungkin anda sudah tak asing lagi dengan jenis buah durian yang satu ini. Rasanya begitu manis dan memiliki daging buah yang tebal dan biji yang kecil. Buah durian montong mulai terkenal pada awal tahun 2000an. Saat ini durian montong sudah banyak ditanam di Indonesia karena jika cara penanaman dan teknik budidayanya tepat buah durian montong akan cepat berbuah.

Durian montong juga memiliki harga yang lumayan mahal berkisar antara 50.000 hingga ratusan ribu rupiah per buahnya. Namun hal tersebut tak menghalangi pembeli karena memang rasa dari buah durian ini tak pernah mengecewakan. Nah jika anda tertarik untuk menanamnya, anda dapat menanam buah ini di pot karena lebih efesien jika dilihat dari segi lokasi budidaya yang berada di perumahan. Baca Juga: Cara Menanam Buah Durian di Pot

2.   Durian Petruk
Buah durian petruk merupakan salah satu varietas unggul yang saat ini sudah banyak dijual di pasaran lokal maupun mancanegara. Ketenaran durian petruk dimulai pada tahun 80an ketika penemunya yang bernama Pak Petruk menemukan buah ini di Jepara, Jawa Tengah. Durian jenis ini termasuk yang paling banyak dicari oleh penggemar buah durian.

Jenis buah durian ini memiliki bentuk seperti telur terbalik yang bagian bawahnya terlihat agak runcing. Memiliki kulit buah tipis antara 3 mm, dan warnanya hijau kekuningan. Ciri khas dari buah ini adalah daging buahnya yang berwarna kuning, memiliki serat yang halus, agak lembek, serta rasa yang sangat manis, namun meskipun rasanya manis tetapi aroma buah tak begitu tajam. Jenis ini memiliki jumlah pongge per buah yang cukup banyak antara 5-10 biji sempurna. Ukuran biji relatif kecil dan berbentuk lonjong. Untuk kemampuan produksi jenis buah durian ini antara 50-150 buah per pohon dengan bobot buah berkisar antara 1 kg. – 1,5 kg. Buah ini juga relatif lebih cepat berbuah, apabila mendapat perawatan yang baik maka durian petruk dapat mulai berbuah pada umur 2-3 tahun.

3.   Durian Matahari
Jenis durian yang cepat berbuah selanjutnya adalah durian matahari. Durian ini merupakan salah satu varietas unggul yang asli berasal dari Indonesia. Saat ini bibitnya  sudah mulai di ekspor keluar negeri karena memang buah yang dihasilkan sangat berkualitas. Ciri-ciri yang lekat pada durian matahari adalah buahnya yang berbentuk bulat panjang dengan warna kulit hijau sedikit kecokelatan, Kulitnya tidak begitu tebal sekitar 0,5-1 cm. Duri yang menempel agak besar, runcing, namun sedikit jarang dan bengkok. Bobot perbuah antara 2-3,5 Kg. Daging buah durian matahari tebal dengan biji yang tipis dan aroma tak terlalu menyengat.

4.   Durian Bokor
Durian Bokor merupakan salah satu jenis buah durian asli Indonesia tepatnya di Majalengka. Di daerah aslinya durian bokor lebih dikenal dengan nama durian aden. Durian bokor cepat berbuah jika ditanam dengan teknik yang tepat dan mendapat perawatan maksimal. Daging buah durian bokor sangat tebal dan memiliki warna yang kuning.

5.   Durian Tembaga
Jenis durian berkualitas selanjutnya adalah durian tembaga. Durian ini dinamakan tembaga karena warna kuningnya yang mirip dengan tembaga. Buah durian tembaga merupakan durian asli Indonesia. Buah ini banyak dijumpai di Kepulauan Riau karena disanalah buah ini berasal. Ukuran buah durian tembaga lumayan besar dengan bobotnya yang mampu mencapai 3,5 Kg. Daging buah tebal dengan biji yang tipis serta memiliki aroma yang sangat harum.

6.   Durian Merah
Berbeda dengan buah durian pada umumnya, sesuai dengan namanya buah durian merah memiliki warna daging merah yang sangat unik. Namun dibalik keunikan tersebut, rasa yang dimiliki buah ini sangat manis sekali. Namun ukuran buah tak terlalu besar, bobotnya pun hanya mampu mencapai 2,5 Kg per buahnya. Buah durian ini berasal dari Banyuwangi, Jawa Timur dan sampai saat ini masih sangat terkenal di kalangan penggemar buah durian.

7.   Durian Sidodol
Yang terakhir adalah durian sidodol, jenis durian yang satu ini cukup terkenal di Kalimantan karena memang disanalah daerah asalnya. Durian sidodol memiliki ukuran buah sedang dengan bobot maksimal 2,5 Kg. Daging buah tebal dan memiliki rasa yang manis. Buah durian sidodol dapat berbuah dengan cepat jika mendapatkan perlakuan yang baik dari perawatan hingga pemupukan. Oleh karena itu jika anda tertarik untuk menanamnya anda harus benar-benar memahami teknik menanam buah durian yang benar.

Bagaimana, apakah anda tertarik untuk menanam jenis durian terbaik yang cepat berbuah di atas? Semoga artikel ini dapat menambah wawasan sobat tentang keberagaman jenis buah durian terbaik asal Indonesia. Semoga sukses dan sampai jumpa.
Previous
Next Post »

Post Comment