2543 Resep dan Cara Membut Keripik Pisang


2543 Resep dan Cara Membut Keripik Pisang – Keripik pisang adalah salah satu penganan yang berasal dari buah pisang yang setengah matang. Keripik pisang semakin populer saat ini dengan banyaknya rasa yang bervariasi. Salah satu yang banyak digemari adalah keripik pisang coklat, meskipun begitu sebenarnya banyak varian rasa lainnya seperti keripik pisang keju, balado, original hingga manis. Keripik pisang saat ini sudah banyak diperjual belikan di supermarket.

Beberapa daerah penghasil keripik pisang terbaik adalah propinsi Lampung. Ketersediaan buah pisang yang melimpah di propinsi Lampung membuat para petaninya berputar otak untuk mengolah buah pisang dan tidak menjualnya langsung. Semenjak saat itu para petani berinisiatif untuk membuat keripik pisang dan memasarkannya ke perkampungannya. Saat ini keripik pisang sudah lekat dengan propinsi lampung sebagai makanan khas dari daerah tersebut.


2543 Resep dan Cara Membut Keripik Pisang
2543 Resep dan Cara Membut Keripik Pisang

Untuk anda yang berasal dari daerah Lampung yang ingin merasakan lezatnya keripik pisang khas lampung anda tidak perlu khawatir karena anda dapat membuatnya dirumah. Cara membuat keripik pisang sebenarnya cukup mudah dan tidak membutuhkan keahlian khusus serta tidak membutuhkan banyak waktu. Nah untuk anda yang belum mengetahui caranya and dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini.

Cara Membuat Keripik Pisang

Adapun bahan-bahan dan alat yang dibutuhkan antara lain adalah:
  • 1-2 sisir pisang kapok setengah matang
  • 1 liter minyak goreng
  • 1 Sdt garam halus
  • Varian rasa (coklat bubuk, keju bubuk atau bumbu balado)
  • Air bersih secukupnya
  • 2 Sdt kapur sirih
  • Baskom / ember
  • Penggorengan / wajan
  • Sutil 
  • Pisau 
  • Alat pemotong pisang

Caranya:


  1. Langkah pertama kupas pisang dengan menggunakan pisau. Pisang yang belum matang kulitnya agak sulit dibuka oleh karena itu alangkah baiknya menggunakan pisau.
  2. Selanjutnya cuci buah pisang hingga tidak terdapat getah yang menempel. Lalu potong buah pisang dengan menggunakan alat pemotong khusus keripik pisang yang dapat anda beli di pasar.
  3. Sediakan air bersih kedalam baskom dengan diberikan campuran kapur sirih. Masukkan potongan buah pisang kedalam wadah tersebut dan di biarkan hingga 30 menit.
  4. Setelah 30 menit tiriskan irisan buah pisang dari air rendaman.
  5. Langkah selanjutnya panaskan minyak goreng pada penggorengan. Setelah itu goreng hingga berwarna keemasan lalu tiriskan.
  6.  Selanjutnya anda dapat menambahkan varian rasa yang banyak dijual dipasar seperti coklat bubuk. Keju bubuk, bumbu balado bubuk dan sebagainya tergantung selera anda. 
  7. Cara menambahkan rasa pada keripik pisang adalah dengan cara menaburkan bumbu tambahan keatas keripik pisang lalu aduk dengan menggunakan tangan hingga rata.
  8. Selanjutnya keripik pisang sudah siap untuk anda hidangkan.

Nah itulah resep dan cara membuat keripik pisang yang sangat mudah dan dapat anda praktikan dirumah. Keripik pisang bukanlah makanan yang cepat basi jadi aman untuk dimakan dalam waktu yang lama. Agar keripik pisang tidak mudah melempem maka masukkan keripik pisang kedalam wadah yang kedap udara seperti toples dan sebagainya.


Baca Juga:



Previous
Next Post »

Post Comment