98 Manfaat dan Khasiat Ikan Gabus untuk Kesehatan dan Ibu Hamil

98 Manfaat dan Khasiat Ikan Gabus untuk Kesehatan dan Ibu Hamil

98 Manfaat Ikan Gabus untuk Kesehatan dan Ibu Hamil - Ikan gabus memang tak setenar dan tak sepopuler ikan mas, ikan lele, ikan bandeng dan jenis ikan lainnya. Namun tahukah anda bahwa ikan gabus ternyata memiliki kandungan protein yang melebihi kandungan protein pada jenis ikan lainnya. Kandungan protein ikan gabus sebesar 25,5%, lebih tinggi jika dibandingkan dengan kadar protein dari ikan bandeng 20,0%, ikan mas 16,0%, ikan kakap 20,0%, dan juga ikan sarden 21,1%. 

Ikan gabus juga merupakan jenis ikan yang lumayan banyak di budidayakan. Pemasok ikan gabus terbesar di Indonesia berasal dari Kalimantan. Ikan gabus atau Ophiocephalus striatus dan channa striata ini juga memiliki berbagai nama di berbagai daerah seperti ikan kutuk di jawa, ikan kocolan di betawi, ikan haruan dan ikan bogo di sunda, ikan bocek di riau dan nama-nama lainnya. Ikan ini sebenarnya adalah predator di alam liar yaitu dihabitatnya di rawa-rawa. Ikan ini menyerupai ular, hanya saja ukuran tubuh dewasa ikan ini lebih besar ketimbang ular dan lebih pendek tak sepanjang ular. Maka dari itu ikan ini biasa disebut dengan Snakehead fish.
Baca Juga: 

Kandungan Gizi Ikan Gabus

Ikan gabus ternyata kaya dengan albumin yaitu zat yang dapat membantu penyembuahan luka pasca operasi dan melahirkan. Protein yang terdapat di dalamnya juga cukup tinggi sekitar 25,5%. Selain kaya akan protein, ikan gabus juga memiliki kandungan gizi lainnya seperti, seng, asam amino, lemak dan trace element lain yang diperlukan tubuh. Kandungan gizi ikan gabus selengkapnya dapat dilihat pada gambar di bawah ini:

Kandungan Gizi Ikan Gabus per 100 gram

Manfaat dan Khasiat Ikan Gabus Bagi Kesehatan

1. Pembentukan dan Pertumbuhan Otot
Kandungan protein yang tinggi dapat membantu untuk meningkatkan pertumbuhan dan pembentukan otot. Protein yang terkandung di dalam ikan gabus sangat baik untuk anda yang sedang berusaha meningkatkan massa otot dengan melakukan fitnes. Dengan mengkonsumsi daging ikan gabus secara rutin dan dengan olahraga yang mendukung perkembangan otot seperti fitnes maka dalam waktu singkat anda akan mendapatkan tubuh yang ideal.

2. Mempercepat Penyembuhan Luka
Daging ikan gabus memiliki kandungan albumin yang sangat tinggi di dalamnya. Albumin adalah zat yang mampu mempercepat penyembuhan pada luka, baik itu luka terjatuh, luka pasca operasi dan kehamilan. Oleh karena itu alangkah baiknya untuk anda yang baru saja menjalankan operasi alangkah baiknya mengkonsumsi daging ikan gabus. Namun tetap berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter agar tak terjadi kekeliruan.

3. Menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh
Albumin juga ternyata berguna untuk memberikan kestabilan cairan yang terdapat pada tubuh sehingga memperkecil resiko terjadi dehidrasi berlebihan. Ketika tubuh kekurangan cairan maka protein yang masuk kedalam tubuh tidak berfungsi optimal karena akan pecah di dalam tubuh. 

4. Penyehatkan Pencernaan
Kelebihan lain dari ikan gabus terletak pada tekstur dagingnya yang empuk dan lembut sehingga memungkinkan tubuh dengan mudah untuk mencernanya dan menyerap secara optimal kandungan gizi yang ada di dalamnya. Hal tersebut karena kandungan protein kolagen pada daging ikan gabus cukup rendah hanya sekitar 3% sampai 5% dari total kandungan protein kolagen.

5. Penyembuhan berbagai penyakit
Ikan gabus dapat membantu mengobati berbagai penyakit seperti infeksi paru-paru, hepatitis, tipus, diabetes, stroke dan jenis penyakit lainnya.

6. Baik untuk Bayi dan memperbaiki gizi buruk
Kandungan gizi yang terkandung di dalam daging ikan gabus dapat dikatakan sangat lengkap sekali sehingga cukup baik jika dikonsumsi bayi untuk memenuhi asupan gizi agar pertumbuhan anak tak terganggu. Hal ini karena dalam 100 gram daging ikan gabus Sudah sangat mencukupi kebutuhan gizi untuk anak bayi maupun balita.

7. Membantu penyembuhan anak autis
Di dalam ikan gabus terkandung manfaat yang sangat menakjubkan yaitu dapat membantu penyembuhan pada anak yang mengidap keterbelakangan mental atau autis.

8. Membantu mengatasi pembengkakan di tubuh
Kandungan albumin di dalam ikan gabus selain untuk mempercepat penyembuhan luka, ternyata juga dapat mengatasi pembengkakan pada tubuh seperti pembengkakan akibat benturan dan sebagainya.

9. Meningkatkan daya tahan tubuh
Kandungan gizi yang terdapat pada ikan ini sangat membantu untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan juga menambah stamina. Konsumsi ikan gabus secara rutin maka anda akan mendapatkan banyak manfaatnya salah satunya adalah ini.

Itulah tadi 98 manfaat dan khasiat ikan gabus untuk kesehatan dan ibu hamil yang telah admin jelaskan secara rinci dan mendalam pada pembahasan diatas. Jika anda masih kurang paham atau kurang jelas dengan penjelasan diatas maka silahkan mengisi pertanyaan pada kolom komentar di bawah. Semoga artikel ini bermanfaat dan semoga sukses!
Previous
Next Post »

Post Comment